Keinginan Pemkot Samarinda memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Kaltimtara ke bank umum lain nampaknya sebentar lagi bakal terealisasi.

Pemkot Samarinda Beberkan 3 Alasan Ingin Pindahkan Rekening Kas Daerah dari Bankaltimtara ke Bank Lain

ANALITIK.CO.ID - Keinginan Pemkot Samarinda memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Kaltimtara ke bank umum lain nampaknya sebentar lagi bakal terealisasi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat konferensi Pers di Anjungan Karamumus Balai Kota Samarinda, Kamis (20/7/2023) lalu.

Pada kesempatan itu, Andi Harun menjelaskan keputusan pemindahan rekening kas itu merupakan hasil pertimbangan yang serius dari pihaknya.

“Memang benar Pemkot Samarinda sangat mempertimbangkan sangat serius untuk memindahkan RKUD dari Bankaltimtara ke salah satu bank umum pemerintah, untuk RKUD kita yang baru,” sebut Andi Harun.

Dalam pertemuan ini, Andi Harun membeberkan tiga alasan terkait perencanaan pemindahan RKUD tersebut.

Pertama, yaitu terkait legal atau yuridis atau pertimbangan regulasi, bahwa boleh menempatkan di bank umum pemerintah. 

“Jadi terpenuhi syarat menurut hukum dan aspek yuridisnya,” jelasnya.

Alasan kedua, yaitu sebagai upaya untuk optimalisasi aset pemerintah.

“Kita harus optimalkan agar sisi kemanfaatan terhadap pemerintah dan pembangunan lebih maksimal dan optimal,” ungkapnya.

Kemudian alasan ketiga yaitu terkait dengan kesehatan dari bank.

Dalam keputusan tersebut, Andi Harun akan menandatangani keputusan final tersebut dan akan segera mengirimkan surat tersebut kepada pihak Bankaltimtara.

“Malam ini saya tanda tangani surat pemberitahuan ke direksi tentang rencana perpindahan RKUD, besok insha Allah akan sampai di Bankaltimtara,” pungkasnya.

Andi berharap agar keputusan tersebut dapat direspon secara bijak oleh pihak Bankaltimtara. (*)


Artikel Terkait