Proses perhitungan suara para agensi dalam program Produce X 101 yang berujung pada pembubaran boyband X1 di awal pekan ini diungkap oleh Dispatch. Selama ini, Dispatch dikenal sebagai salah satu media Korea Selatan yang kerap melakukan investigasi di dunia hiburan dan idol Korea.

Jelang Pembubaran X1, Agensi Melakukan Pemungutan Suara

ANALITIK.ID- Proses perhitungan suara para agensi dalam program Produce X 101 yang berujung pada pembubaran boyband X1 di awal pekan ini diungkap oleh Dispatch. Selama ini, Dispatch dikenal sebagai salah satu media Korea Selatan yang kerap melakukan investigasi di dunia hiburan dan idol Korea.

Dalam laporan, perwakilan agensi para member X1 berkumpul di kantor CJENM pada 6 Januari pukul 16.00 waktu setempat. CEO Swing Entertainment, agensi X1, Choo Yoo-myung menghadiri pertemuan tersebut.

Agensi masing-masing member seperti PlayM Entertainment, Yuehua Entertainment, TOP Media, OUI Entertainment, MBK Entertainment, Woollim Entertainment, DSP Media, Brand New Entertainment dan Starship Entertainment turut hadir.

Seluruh perwakilan agensi saat itu disebut membahas nasib X1 terlebih dahulu. Selama satu jam, mereka berdiskusi tentang pilihan melanjutkan promosi atau membubarkan grup sebelum mengambil suara.

Berdasarkan laporan Dispatch, sembilan agensi melakukan pemungutan suara secara anonim dengan kesepakatan X1 akan melanjutkan promosi jika kesembilan suara secara bulat mendukung hal tersebut.

Setelah pemungutan suara, empat agensi memilih X1 melanjutkan promosi, sementara empat lainnya memilih pembubaran. Satu suara yang diduga mendukung kelanjutan promosi disebut tidak jelas dibaca sehingga dianulir.

Pengambilan suara disebut hanya berlangsung selama 10 menit. Petinggi CJ ENM dilaporkan tidak ikut bahkan tak di dalam ruangan yang sama ketika pemungutan suara dilakukan.

Satu agensi menyarankan untuk menunggu beberapa hari sebelum mengumumkan pembubaran X1. Namun, sebagian besar agensi setuju untuk secepat mungkin mengumumkan kabar tersebut.

Petinggi CJ ENM kembali ke ruangan untuk mendengarkan keputusan para agensi. Mereka juga sepakat tetap tinggal dalam ruangan hingga CJ ENM menyiapkan keterangan resmi. Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan kabar tersebut bocor terlebih dahulu.

Kala itu, CEO Swing Entertainment Cho Yoo-myung menyarankan member X1 bergabung dalam pertemuan sehingga bisa menyampaikan pandangan mereka. Namun, beberapa agensi menolak saran tersebut dengan alasan telah berdiskusi dengan para member.

Sekitar pukul 18.15 waktu setempat, agensi mulai mengumumkan hasil pemungutan suara kepada member X1. Kabar pembubaran X1 secara resmi dirilis sekitar setengah jam kemudian.

Melansir Dispatch, CEO Cho Yoo-myung juga menyarankan X1 merilis satu lagu terakhir yang telah direkam pada musim dingin atau jelang akhir tahun lalu. Namun, beberapa agensi kembali menolak saran tersebut.

Sejumlah agensi juga mengusulkan X1 menyiapkan video perpisahan terlebih dahulu. Lagi dan lagi, ide tersebut tak mendapat persetujuan dari sebagian besar agensi.

Para member akhirnya secara terpisah memberikan salam perpisahan kepada fan atau yang kerap disapa ONE IT, seperti Nam Do-hyun serta Lee Han-gyul lewat video yang diunggah MBK Entertainment. Cho Seung-youn turut berpamitan dengan menulis surat kepada ONE IT.

Kabar tersebut membuat banyak ONE IT berang. Mereka membuat #listen_to_X1 menjadi trending topic di Twitter. (*)


Artikel ini telh tayang di CNN Indonesia dengan judul "Kronologi Pemungutan Suara Para Agensi Jelang Pembubaran X1" 

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200109142054-234-463851/kronologi-pemungutan-suara-para-agensi-jelang-pembubaran-x1

BREAKING: X1 Resmi Bubar | Cerita kronologis dari awal terbentuk sampai dibubarkan


Artikel Terkait