Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, menggelar seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kamis (27/4/2023) kemarin.

Bersaing Jadi Wakil Indonesia ke PPAN, 33 Pemuda Berebut Kursi ke Korsel dan Singapura

ANALITIK.CO.ID - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, menggelar seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kamis (27/4/2023) kemarin.

Agenda seleksi PPAN ini dibuka oleh Sri Wartini, sekali Sekretaris Dispora Kaltim.

Sebanyak 33 pemuda terdiri dari 22 putri dan 11 putra di Kaltim bersaing ketat menjadi wakil Indonesia ke PPAN.

Tidak hanya itu, melalui seleksi pertukaran pemuda, Dispora juga mencari wakil Kaltim ke pertukaran pemuda antar provinsi.

"PPAN merupakan program pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang," kata Sri Wartini, Kamis (27/4/2023).

Diketahui, pada 2023 ini, Kaltim mendapat kuota, satu putra untuk program Singapura Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP) dan kuota satu putri pada program Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP).

"Untuk runner up di masing-masing seleksi, akan menjadi wakil Kalimantan Timur pada program PPAP yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan dan Riau," tegasnya.

Para peserta seleksi menjalani berbagai tahapan seleksi, di antaranya tes tertulis, wawancara, tes toefl, psikotes, wawasan kebangsaan dan potensi akademik.

"Lima orang putra dan lima orang putri dengan nilai tertinggi  selanjutnya mengikuti seleksi TOEFL ITP, psikotes, interview tujuh bidang, seperti community development, wawasan pancasila/agama/karakter, psikologi, bahasa Inggris, kemampuan komunikasi, seni buaya, serta potensi akademik," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait