Kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dengan PT Samaco tentang tata kelola Mahakam Lampion Garden (MLG) dan Mahakam River Side Market (Marimar) akan memasuki babak baru.

DPRD Samarinda Harapkan Pengawasan Ketat Kerjasama Antar Pemerintah Kota dengan PT Samaco

ANALITIK.CO.ID - Kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dengan PT Samaco tentang tata kelola Mahakam Lampion Garden (MLG) dan Mahakam River Side Market (Marimar) akan memasuki babak baru. 

Kesepakatan nantinya akan dihasilkan setelah Wali Kota Samarinda, Andi Harun bertemu dengan manajemen PT Samaco untuk membahas kelanjutan kerjasama tersebut.

Menanggapi tersebut, Anggota Komisi II DPRD  Samarinda Laila Fatihah memberi sejumlah catatan jika kemungkinan perjanjian kerjasama antara pemkot dan perusahaan asal Malang itu akan berlanjut.

Kata Laila Fatihah, pihaknya sebenarnya tidak akan masuk dalam pembahasan teknis tentang kerjasama itu.

Namun jika pengelolaan MLG masih ditangani PT Samaco, menurutnya  pelaksanaan perjanjian terutama terkait kelancaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus betul-betul dalam pengawasan ketat dan transparan.

"Kami kan hanya mengawasi, artinya kalau memang masih PT Samaco mereka ini dalam pengawasan ketat terutama soal PAD kota Samarinda," kata Laila belum lama ini. 

Diketahui saat ini PT Samaco harus melunasi sebesar Rp 1,7 miliar kepada Pemkot Samarinda atas tunggakkan pembayaran kontribusi kerjasama pengelolaan MLG kepada Pemkot Samarinda.

"Jangan sampai seperti sekarang ini, PT Samaco menanggung banyak utang kepada pemerintah kota, karena itu tentu merugikan pemkot yang berharap ada pemasukan dari pengelolaan MLG ini," lanjutnya.

Selama 5 tahun perjanjian berjalan, PT Samaco belum mampu memenuhi setoran kontribusi sebesar Rp 237 juta per tahunnya kepada Pemkot Samarinda sesuai yang tertuang dalam perjanjian. (Advertorial)


Artikel Terkait