Hari ini, Kamis (11/3), umat Muslim di seluruh dunia merayakan Isra Miraj, berupa peristiwa turunnya perintah salat dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang saat itu melakukan perjalanan satu malam ke langit ke-tujuh.

Umat Muslim Rayakan Isra Miraj, Ternyata Ada Fakta Menarik Kota Makkah

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang fakta menarik Kota Makkah.

Hari ini, Kamis (11/3), umat Muslim di seluruh dunia merayakan Isra Miraj, berupa peristiwa turunnya perintah salat dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang saat itu melakukan perjalanan satu malam ke langit ke-tujuh.

Dengan mengendarai buraq, salah satu makhluk istimewa ciptaanNYA, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem, sebelum akhirnya naik ke surga.

Perjalanan ini merupakan hiburan untuk Rasulullah sekaligus menerima perintah salat wajib lima waktu setiap hari. Isra Miraj diperingati setiap 27 Rajab.

Dalam perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad menerima perintah salat berkali-kali, dari semula 50 kali sehari menjadi lima waktu sehari. Perintah salat ini merupakan bentuk hubungan langsung antara Allah dan Rasulullah.

Sudah banyak umat Muslim yang mengetahui keistimewaan kota Makkah, namun belum banyak yang tahu kalau Makkah al-Mukarramah yang dihuni sekitar 1,5 juta jiwa ini memiliki banyak keunikan. 

Berikut 7 fakta menarik kota Makkah:

1. Musala tertinggi di dunia

Sebuah musala kecil terletak 600 meter di atas permukaan laut di hotel Makkah Clock Royal Tower (Menara Jam) yang dikelola oleh jaringan hotel Fairmont.

Musala itu hanya berkapasitas enam sampai tujuh orang. Jarak lokasinya ke Kakbah hanya 500 meter, sehingga sering disebut juga sebagai musala teristimewa di dunia.

2. Tak pernah sepi

Mengutip tulisan di situs Accor, lebih dari 8,75 juta jemaah haji memasuki Mekkah untuk haji dan umrah sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, dengan mayoritas warga negara dari luar Tanah Arab.

Dengan jumlah pelancong bisnis yang juga terus meningkat ke Makkah, total pengunjung ke Arab Saudi diperkirakan akan meningkat menjadi 30 juta per tahun pada tahun 2030.

Tujuan utama dari rencana Visi 2030 yang diprakarsai oleh Kerajaan Arab Saudi adalah untuk menyambut para pengunjung ini dengan aman dan nyaman.

Mengingat pentingnya sebagai kota suci bagi umat Islam di seluruh dunia, Makkah berada di pusat rencana pengembangan komprehensif yang mencakup transportasi umum, pendidikan, infrastruktur, akomodasi, dan lainnya.

3. Jaringan pengangkut sampah terbesar di dunia

Ketika perhatian Anda terfokus pada situs-situs religi dan pusat kota Makkah yang ramai, Anda mungkin akan melupakan urusan infrastruktur yang menopang kota suci tersebut.

Untuk menangani sampah kota, termasuk 600 ton yang dihasilkan setiap hari selama musim haji dan bulan Ramadan, Makkah memiliki jaringan pengangkut sampah otomatis terbesar di dunia.

Sampah diangkut dari 318 titik pengumpulan ke Central Utility Complex (Kompleks Pusat Utilitas) di luar kota, melalui pipa bawah tanah sepanjang 30 kilometer.

4. Pertama dilintasi mobil

Anda sudah pasti melihat banyak mobil mewah melaju di jalan raya Arab Saudi dan sekitar Makkah.

Tetapi tahukah Anda, bahwa mobil pertama yang memasuki Jazirah Arab ada di Mekah? Mobil itu dimiliki oleh Sharif Awn Al-Rafiq, penguasa Makkah dari tahun 1882 hingga 1905.

5. Bangunan jam paling terang dan paling besar di dunia

Kompleks Abraj Al Bait yang berada di pusat Makkah memecahkan banyak rekor dunia.

Menara Jam yang setinggi 600 meter di sana adalah bangunan tertinggi ketiga di dunia.

Selain itu, permukaan jam itu juga menjadi yang terbesar di dunia, karena bisa terlihat dari sejauh 17 kilometer.

Jam berkilau di malam hari dengan jutaan LED dan 26 lampu sorot yang kuat bersinar dari atas, menerangi langit hingga setinggi 10 kilometer.

6. Pemukiman tertua di dunia

Makkah tercatat sebagai salah satu kawasan pemukiman tertua di dunia. Aliran air zamzam yang sering menjadi buah tangan diketahui sudah mengalir sejak 4.000 tahun yang lalu.

7. Kakbah

Menggantikan Al Aqsa, hingga kini Kakbah menjadi kiblat beribadah umat Muslim di dunia. Oleh karena itu kata Makkah yang dalam bahasa Inggris disebut Mecca sering menjadi kiasan yang bermakna pusat perhatian.

Kakbah yang ada di dalam kompleks Masjidil Haram berada di area terendah Makkah. Saat musim hujan datang dengan ekstrem, tempat ibadah ini sering terendam banjir.

Media Inggris The Telegraph sempat menulis kalau Kakbah ialah bangunan termahal di dunia, karena sempat direnovasi dengan biaya hingga US$100 miliar.

Bangunan termahal ke-dua di dunia juga berada di Makkah, yakni Abraj Al Bait. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "7 Fakta Menarik Kota Makkah", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210311010545-269-616298/7-fakta-menarik-kota-makkah/2


Artikel Terkait