Ajang kecantikan untuk memilih perempuan tercantik di Panama saat membuka pendaftaran untuk perempuan transgender. Hal ini diungkapkan oleh penyelenggaranya pada Senin (1/3).

Transgender Diizinkan Jadi Kontestan di Ajang Kecantikan, Ini Syaratnya

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang transgender diizinkan jadi kontestan di ajang kecantikan,

Ajang kecantikan untuk memilih perempuan tercantik di Panama saat membuka pendaftaran untuk perempuan transgender. Hal ini diungkapkan oleh penyelenggaranya pada Senin (1/3).

Kontes kecantikan Senorita Panama ini akan mengirimkan pemenangnya untuk ikut dalam kontes ratu sejagat, Miss Universe.

Syarat yang harus dipenuhi oleh perempuan transgender sebelum mendaftar kompetisi adalah sudah menyelesaikan proses hukum tentang statusnya dan juga proses medisnya.

"Menyusul dasar perjanjian dengan Miss Universe, kami mengumumkan bahwa pada 2021, wanita yang diakui secara hukum akan diizinkan secara resmi, dan pintu terbuka untuk wanita transgender," kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Kontes kecantikan Miss Universe sendiri sudah mengizinkan konstestan perempuan transgender. Mereka sudah menerapkan aturan tersebut pada 2012. Namun baru pada 2018, Angela Ponce menjadi wanita transgender pertama yang menjadi kontestan Miss Universe mewakili Spanyol.

Panama bergabung dengan sejumlah kecil, namun semakin banyak negara yang menerima kontestan transgender di kontes kecantikan nasional mereka, termasuk Spanyol, Kanada, dan Nepal. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Ajang Kecantikan Panama Izinkan Kontestan Transgender", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210302150940-277-612714/ajang-kecantikan-panama-izinkan-kontestan-transgender


Artikel Terkait