Wabah Virus Corona, Singapura Tutup Pintu Kedatangan Warga Asing

Singapura Menutup Pintu Kedatangan Wisatawan, Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

ANALITIK.ID - Singapura menutup seluruh pintu masuk negaranya untuk pengunjung sementara maupun transit mulai Senin 23 Maret 2020 malam waktu setempat. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan impor kasus baru infeksi virus corona (COVID-19), seperti diungkap oleh Kementerian Kesehatan Singapura pada Minggu (22/3/2020).

"Menutup pintu masuk untuk sementara waktu juga memberi kami kesempatan untuk dapat fokus dalam melakukan penanganan dan pencegahan kepada warga lokal Singapura. Terutama terkait mengelola sumber daya yang ada," bunyi pernyataan resmi Kementerian Kesehatan Singapura seperti dilansir dari laman Channel News Asia.

Pengecualian diberikan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja kepada pendatang dengan izin kerja, untuk memasuki Singapura. Hak tersebut diberikan kepada pekerja di sektor penting saat ini seperti dari sektor kesehatan maupun transportasi.

Satuan Kerja Khusus Singapura-Malaysia telah menyetujui warga Malaysia dengan izin kerja masih bisa memasuki kawasan Singapura, dengan ketentuan akomodasi secara jelas. Transportasi logistik antara Malaysia dan Singapura juga masih berlanjut dengan prosedur khusus.

Alasan utama penutupan pintu kedatangan Singapura, juga didukung data terbaru dari Kementerian Kesehatan Singapura. Sebanyak 80 persen kasus infeksi virus corona baru dalam tiga hari terakhir, diketahui berasal dari warga Singapura ataupun warga pemegang izin tinggal yang kembali dari luar negeri.

"Catatan kasus impor ini memilikii riwayat perjalanan menuju 22 negara berbeda," kata pernyataan kementerian setempat menambahkan. Singapura sebelumnya mengharuskan warga permanen maupun dengan izin tinggal melakukan karantina selama dua pekan, terlebih setelah pulang dari negara lain.

Negara kepulauan itu mengabarkan dua kematian pertama akibat virus corona pada Sabtu 21 Maret 2020. Kedua pasien berusia lanjut itu, meninggal dunia akibat komplikasi penyakit akibat infeksi virus corona. Salah satunya diketahui merupakan pria 64 tahun warga negara Indonesia, dengan riwayar penyakit jantung.(*)

Artikel ini telah tayang di Okezone.com dengan judul "Wabah Virus Corona, Singapura Tutup Pintu Kedatangan Warga Asing",

https://news.okezone.com/read/2020/03/22/18/2187219/wabah-virus-corona-singapura-tutup-pintu-kedatangan-warga-asing


Artikel Terkait