Korea Selatan termasuk salah satu negara yang terdepan dalam melawan pandemi virus Corona.

Keren! Ratusan Drone Beraksi bentuk Formasi Ajak Warga Lawan Covid-19

ANALITIK.CO.ID - Berita mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang rartusan drone bentuk formasi ajak warga lawan covid-19.

Korea Selatan termasuk salah satu negara yang terdepan dalam melawan pandemi virus Corona. 

Tapi di tengah ancaman gelombang kedua infeksi, pemerintah Korea Selatan menggunakan cara yang unik untuk mengingatkan warga untuk menuruti cara pencegahan virus yaitu dengan pertunjukan drone.

Dikutip detikINETdari The Verge, Selasa (7/7/2020) pertunjukan drone ini dilakukan di Sungai Han di kota Seoul pada Sabtu pekan lalu. Untuk menuruti peraturan social distancing, pemerintah Korea Selatan sengaja tidak mempromosikan event ini kepada warganya.

Pertunjukan cahaya drone berwarna-warni ini melibatkan 300 drone dan berlangsung selama 10 menit. 

Event ini diinisiasi oleh Ministry of Land, Infrastructure and Transport dan ditujukan untuk mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan di garda depan.

Pertunjukan ini dimulai dengan pesan untuk mengingatkan warga agar menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal dua meter. 

Setelah itu baru muncul pesan terima kasih untuk dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

Sebagai penutup pertunjukan ini, ratusan drone yang ada membentuk outline Semenanjung Korea dan ditutup dengan pesan: “Bergembiralah, Republik Korea.”

Pertunjukan drone ini mungkin cara yang unik untuk mendorong moral publik. Tapi studi menyebutkan warga Korea Selatan kesulitan menerapkan protokol pencegahan virus Corona, terutama penggunaan masker.

Walau penggunaan masker di Korea Selatan tidak dipolitisasi seperti di Amerika Serikat, insiden perkelahian terkait penggunaan masker mulai meningkat. Pada bulan Juni saja, tercatat ada 840 perkelahian, sebagian besar di transportasi umum, yang dipicu karena seseorang tidak mengenakan masker. (*)

Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul “Ratusan Drone Beraksi Ajak Warga Korea Lawan COVID-19”, https://inet.detik.com/cyberlife/d-5083470/ratusan-drone-beraksi-ajak-warga-korea-lawan-covid-19?tag_from=wp_nhl_56&_ga=2.151728313.147979116.1594034426-735873636.1593756213


Artikel Terkait