Penyebaran virus corona, penyebab penyakit Covid-19 masih menjadi masalah serius bagi Iran. Data per 7 Maret 2020, tercatat ada 4.747 orang dinyatakan positif, 124 orang meninggal dunia dan 913 pasien dinyatakan sembuh di Iran.

Dinyatakan Positif Virus Corona, Berikut 12 Pejabat Pemerintah Iran yang Terinfeksi

ANALITIK.ID - Penyebaran virus corona, penyebab penyakit Covid-19 masih menjadi masalah serius bagi Iran. Data per 7 Maret 2020, tercatat ada 4.747 orang dinyatakan positif, 124 orang meninggal dunia dan 913 pasien dinyatakan sembuh di Iran. 

Virus diduga bermula dari kota suci Qom, lalu virus corona kini telah merebak di hampir seluruh provinsi negara itu. Tak hanya menyerang warga sipil, virus corona di Iran juga menginfeksi 12 pejabat pemerintahan, bahkan beberapa di antaranya meninggal dunia. 

Berikut daftar 12 pejabat Iran yang terinfeksi virus corona: 

Iraj Harirchi 

Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi dinyatakan positif virus corona pada Selasa (25/2/2020). Sebelumnya, Harirchi sempat menghadiri konferensi pers yang membantah adanya 50 pasien virus corona yang meninggal dunia. Pada konferensi pers itu, ia terlihat berkeringat dan menyeka keningnya dengan tisu. Dalam unggahan video, Iraj Harirchi membenarkan bahwa dia terinfeksi virus corona, dan saat ini tengah menjalani isolasi di kediamannya.

Masoumeh Ebtekar 

Wakil Presiden Iran untuk urusan perempuan dan keluarga Masoumeh Ebtekar juga dilaporkan telah terinfeksi virus corona pada Kamis (27/2/2020). Dikutip dari Middle East Eyes, Ebtekar merupakan salah satu dari sekitar 10 wakil presiden saat ini di Iran. 

Kabar tersebut menjadikan Ebtekar sebagai anggota pertama kabinet Presiden Iran Hassan Rouhani yang terinfeksi virus corona. Pada Revolusi Islam 1979, nama Ebteker mulai banyak dikenal setelah menjadi juru bicara mahasiswa Iran yang menyandera 52 orang AS selama 444 hari. 

Mohammad Mirmohammadi 

Mirmohammadi merupakan seorang penasihat dari pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei. Menurut radio pemerintah Iran, Mirmohammadi meninggal di rumah sakit Teheran pada usia 71. Kematian Mirmohammadi tersebut menjadikannya sebagai pejabat senior Iran pertama yang meninggal akibat virus corona. 

Hossein Sheikholeslam 

Sheikholeslam adalah penasihat Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Ia dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (5/3/2020) setelah terinfeksi virus corona. "Ia merupakan seorang veteran dan diplomat revolusioner, meninggal pada Kamis malam," kata IRNA, kantor berita Iran seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (6/3/2020).

Mojtabi Zolnour 

Mojtabi Zolnour merupakan anggota parlemen Iran sekaligus menjabat sebagai ketua komite urusan luar negeri. Ia mengumumkan kondisinya itu melalui video di media sosial Twitter. Dalam video itu, Zalnour meyakinkan warganya bahwa pemerintah mampu mengalahkan virus corona. 

Mahmoud Saeghi 

Sama halnya dengan Zolnour, Mahmoud Saeghi merupakan anggota parlemen Iran. Saeghi mengatakan dalam sebuah twitnya bahwa ia dinyatakan terinfeksi virus corona. Menurutnya, ia menderita demam selama dua atau tiga hari dan sempat dinyatakan negatif ketika diperiksa. 

Hadi Khosroshahi

Mantan Duta Besar Iran untuk Vatikan dan Mesir Hadi Khosroshahi meninggal dunia setelah tertular virus corona pada usia 81 tahun. Menurut kantor berita IRNA, Khosroshahi meninggal di sebuah rumah sakit di Teheran.

Morteza Rahmanzadeh 

Rahmanzadeh merupakan Wali Kota Distrik 13 di Ibukota Teheran. Ia dinyatakan menderita virus corona setelah menjalani perawatan di rumah sakit. 

Mohamad Rez Ghadir 

Ia merupakan kepala manajemen virus corona di Qom sekaligus direktur universitas medis kota Mohamad Rez Ghadir juga dinyatakan positif virus corona. 

Mohammad Ali Ramezani 

Mohammad Ali Ramezani merupakan anggota parlemen Iran dari Gilan dan dilaporkan telah terinfeksi virus yang bermula di kota Wuhan itu. 

Mojtaba Pourkhanali 

Mojtaba Pourkhanali adalah seorang pejabat Kementerian Pertanian Iran, keduanya dari Gilan, salah satu provinsi dengan kasus virus corona terbanyak di negara itu. 

Fatemeh Rahbar 

Fatemah merupakan anggota parlemen Iran yang saat ini dalam keadaan koma setelah terinfeksi virus corona. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Pejabat Pemerintah Iran yang Dinyatakan Positif Virus Corona", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/07/144000565/12-pejabat-pemerintah-iran-yang-dinyatakan-positif-virus-corona?page=3.


Artikel Terkait