Di tengah masa-masa wabah corona virus disease (Covid-19) masuk ke Indonesia, mereka yang bertugas sebagai tenaga medis di rumah sakit menjadi salah satu perhatian banyak orang.

Rentan Terkena Virus, Ketua DPRD Bontang Ingatkan Tenaga Medis Soal APD

ANALITIK.ID, BONTANG - Di tengah masa-masa wabah corona virus disease (Covid-19) masuk ke Indonesia, mereka yang bertugas sebagai tenaga medis di rumah sakit menjadi salah satu perhatian banyak orang.

Di beberapa daerah, perawat dan dokter juga dibuat was-was dengan keadaan yang ada. Pasalnya, tidak semua rumah sakit yang merawat pasien terjangkit Covid-19 memiliki fasilitas yang cukup dan memadai.

Hal itu mendapat perhatian Ketua DPRD Bontang Andi Faisal Hasdam. Ia mengingatkan agar para petugas medis yang bertugas menangani pasien pengawasan yang terduga suspect Covid-19 untuk memperhatikan alat pelindung diri (APD).

"APD-nya diperhatikan, saya pikir penanganannya pun tidak sembarangan. Kalau memang ada pasien yang sudah diperbolehkan pulang juga tetap dalam pemantauan," katanya.

Mengingat rumah sakit umum daerah (RSUD) Taman Husada Bontang menjadi salah satu rujukan dari sejumlah rumah sakit di Indonesia, tentu segala persiapan dianggap harus betul-betul tersedia, termasuk APD dan ruang isolasi.

"Para tenaga medis yang bekerja di rumah sakit ini lebih rentan terjangkit virus, karena mereka bersentuhan langsung dengan para pasien. Apalagi APD juga hanya bisa digunakan satu kali," ucapnya.

Di luar daripada itu, seluruh stakeholder yang ada sama-sama bergerak untuk menjaga agar situasi di masyarakat tetap kondusif dan tidak menimbulkan kepanikan berlebihan. 

Pihak kepolisian dan TNI bekerjasama untuk mengantisipasi kelangkaan APD seperti masker, agar tidak dibeli warga dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, RSUD Taman Husada juga harus mempersiapkan kebutuhan logistik dan APD untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Semoga semua sudah ada solusinya, termasuk APD yang hanya tersedia sedikit dan digunakan sekali pakai saja," harapnya. (advertorial)

Logo DPRD Bontang

Logo DPRD Bontang

Artikel Terkait