DPRD Kota Bontang siap mendukung pemerintah kota Bontang dalam pengadaan Unit Kerja Kantor Imigrasi (UKKI) Bontang.

DPRD Siap Dukung Keberadaan Kantor Imigrasi di Bontang, Rp 200 Juta Untuk Lengkapi Mebeler

ANALITIK.ID, BONTANG - DPRD Kota Bontang siap mendukung pemerintah kota Bontang dalam pengadaan Unit Kerja Kantor Imigrasi (UKKI) Bontang. 

Hal itu dinyatakan langsung oleh Ketua DPRD Bontang, Andi Faisal Hasdam.

Diprediksi, kantor tersebut akan diresmikan pada bulan April mendatang. Dengan demikian, maka masyarakat kota Bontang tidak perlu jauh-jauh lagi ke Samarinda untuk mengurus paspor dan berbagai keperluan yang berkaitan dengan imigrasi.

"Jadi kantor imigrasi sudah diterima dirjen imigrasi, Insya Allah nanti bulan empat akan diresmikan bersama kantor di Balikpapan, kalau tidak berhalangan bisa pak menteri yang langsung datang meresmikan," kata Bang Faiz, sapaan Andi Faisal.

Lanjut Andi, warga Bontang yang berurusan dengan paspor nantinya bisa langsung ke kantor UKKI, begitu juga dengan pengurusan tenaga kerja asing bisa dilakukan, tidak perlu ke Samarinda lagi.

Diakuinya, keberadaan gedung tersebut sempat dipertanyakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi terkait mebeler yang ada. Mewakili anggota dewan, ia pun menyatakan sanggup dan siap untuk memenuhi sarana dan prasarana pelayanan kantor.

"Artinya kami di DPRD ini siap support, dirjen imigrasi mempertanyakan juga kesiapan kami. Gedungnya sudah ada, nah kami di DPRD sepakat bahwa akan membantu dana untuk mebeler sebagai persiapan awal dibukanya nanti, sekitar Rp 200 juta," terangnya.

Dengan adanya kantor imigrasi ini tentu akan memudahkan pelayanan masyarakat, terlebih Bontang kini disebut Andi adalah kota industri. Secara otomatis hal-hal yang berurusan dengan paspor atau bepergian ke luar negeri akan lebih besar dibanding daerah lain.

"Gak perlu harus jauh ke Samarinda. Di sini ada PLTU, Kilang Minyak, yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Kami support lah pemerintah karena ini juga persiapan sebagai penyangga IKN. Kalau UKKI sudah ada di Bontang artinya jadi penilaian Bontang sebagai kota maju," tutupnya. (advertorial)

Logo DPRD Bontang

Logo DPRD Bontang

Artikel Terkait