Beredar video di media sosial Facebook pada Sabtu (29/9/2020) terkait masih adanya kendaraan berlogo salah satu pasangan calon di Pilkada Samarinda, yakni Barkati-Darlis yang berada di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Samarinda, Barkati.

Beredar Info Rumjab Wawali Samarinda Masih Ditempati saat Barkati Cuti, Bawaslu Akan Cek Langsung

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Beredar video di media sosial Facebook pada Sabtu (29/9/2020) terkait masih adanya kendaraan berlogo salah satu pasangan calon di Pilkada Samarinda, yakni Barkati-Darlis yang berada di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Samarinda, Barkati. 

Hal tersebut menjadi pertanyaan, mengingat saat ini Barkati maju di Pilwali Samarinda 2020 berpasangan dengan Darlis Pattalongi. 

Di video yang beredar, tampak samar gambar pasangan Barkati-Darlis di salah satu bagian mobil yang terparkir di rumah jabatan itu. 

Jadi pertanyaan karena saat ini, Barkati telah masuk masa cuti sebagai Wakil Wali Kota Samarinda. Hal itu tertuang dalam surat Gubernur Kalimantan Timur perihal Cuti di Luar Tanggungan Negara. 

Surat itu ditujukan kepada Wali Kota Samarinda. 

Dalam redaksi surat menyebutkan bahwa Muhammad Barkati yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Samarinda diberikan cuti sejak 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020. 

Kemudian, selama melakukan cuti, dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya, dalam hal itu termasuk dengan rumah jabatan. 

 Terkait hal itu, Abdul Muin, Ketua Bawaslu Samarinda, sampaikan bahwa pada hari ini ada mendapatkan informasi bahwa ada salah satu incumbent di Pilwali Samarinda yang masih menempati rumah dinas. 

"Saya kira kalaupun didatangi, itu sebagai bentuk pengawasan," ujarnya saat dihubungi Sabtu (25/9/2020). 

 Ditanya terkait kapan Panwascam akan turun mengecek rumah dinas incumbent di Pilwali Samarinda itu, Muin menegaskan dalam waktu dekat.

"Secepatnya akan kami pastikan dalam waktu dekat," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait