Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengapresiasi pelatihan yang digelar Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kaltim khususnya mengenai penyelamatan air di Hotel Midtown Samarinda, Senin (21/3/2022).

Apresiasi Pelatihan yang Digelar BASARNAS Kaltim, Andi Harun Berharap Para Petugas Dapat Tersertifikasi

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengapresiasi pelatihan yang digelar Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kaltim khususnya mengenai penyelamatan air di Hotel Midtown Samarinda, Senin (21/3/2022).

Wali kota mengatakan, Samarinda dengan peta geografis yang dikelilingi wilayah perairan tentunya memiliki potensi bahaya yang cukup tinggi.

"Pelatihan ini sangat diperlukan karena kecelakaan di permukaan air sangat rentan di Kalimantan Timur," kata wali kota saat diwawancara awak media.

Dengan adanya pelatihan ini wali kota berharap para petugas BASARNAS dapat tersertifikasi sebagai tenaga-tenaga ahli penyelamatan dan penanggulangan bencana alam.

"Dengan adanya pelatihan ini bertambah tenaga-tenaga ahli kita dan bersertifikat," ucapnya.

Untuk mendukung program BASARNAS, Andi Harun menampung beberapa permintaan menyangkut sarana pendukung tim SAR seperti kantor khusus yang difasilitasi oleh pemerintah.

"Saya tadi sudah meminta kepala BASARNAS Balikpapan untuk membuat surat dan kami akan segera bahas," terangnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu Kota Samarinda itu meminta seluruh stakeholder untuk bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan.

"Karena apa yang dilakukan dari tugas utama BASARNAS itu juga merupakan tanggungjawab kita bersama. Stakeholder harus bersinergi berkolaborasi dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait