Wali Kota Samarinda Andi Harun secara mendadak mengajak berbagai instansi terkait untuk melakukan peninjauan pasar Segiri.

Wali Kota Andi Harun Bakal Terapkan Konsep Parkir Ramah Lingkungan di Pasar Segiri

ANALITIK.CO.ID - Wali Kota Samarinda Andi Harun secara mendadak mengajak berbagai instansi terkait untuk melakukan peninjauan pasar Segiri.

Dalam kunjungannya, ia mengatakan rencana untuk mengoptimalkan potensi alternatif parkir guna mengurangi beban di depan pasar.

Andi Harun menjelaskan bahwa rencananya adalah menerapkan sistem satu pintu, yaitu parking gate untuk menata parkir di sekitar kompleks atau kawasan pasar Segiri agar lebih tertib.

"Kami akan membuat 3 arah pintu masuk, termasuk dari tempat kami berdiri, dari jalan perniagaan, dan dari dalam pasar," kata Andi Harun pada Senin (15/1/2024).

Proyek ini juga melibatkan konsep ramah lingkungan, dengan rencana membangun parkir berbasis taman.

"Tempat TPST yang sudah ada kegiatan akan diubah menjadi parkir berbasis taman, dengan adanya pohon sehingga parkirnya menjadi hijau," ujarnya.

Meski luas lahan belum diukur secara pasti, ia memastikan bahwa instansi terkait akan segera mengukur bersama untuk memastikan dimensi yang tepat.

"Kami akan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai waktu pelaksanaannya," ujarnya.

Ia berharap rencana ini dapat mengurangi beban parkir di pasar Segiri dan menjadi langkah awal dalam penataan pasar secara menyeluruh. (*)


Artikel Terkait