Memiliki kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan yang tepat. Jika tidak, bisa-bisa jerawat makin meradang atau malah meninggalkan bekas.

Trik Rawat Wajah Berjerawat agar Tidak Tinggalkan Bekas

ANALITIK.ID- Memiliki kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan yang tepat. Jika tidak, bisa-bisa jerawat makin meradang atau malah meninggalkan bekas. 

Biar gak salah langkah, berikut tips merawat kulit berjerawat yang benar!beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. 

Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. 

1. Pilih Produk Pembersih yang Tepat

Menjaga kebersihan wajah adalah hal yang penting untuk merawat kulit berjerawat. Untuk itu, cuci wajahmu 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. 

Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilih sabun pembersih yang berbahan dasar BHA. Apabila jenis kulitmu kering, sebaiknya pilih produk yang mengandung AHA.

Untuk melindungi kulit dari iritasi, pilih juga sabun yang formulanya lembut dan tidak mengandung scrub. Ini dikarenakan butiran scrub ​​​​​​dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Selain sabun, sebaiknya kamu juga menggunakan susu pembersih atau micellar water agar wajahmu bersih maksimal. 

2. Gunakan Toner

Selain membantu membersihkan wajah dan membuatnya jadi segar, toner juga bermanfaat untuk mengontrol kadar minyak berlebih. Bagi pemilik wajah berjerawat, kamu bisa pilih toner yang mengandung bahan alami seperti tea tree oil atau bahan aktif salicylic acid dan juga kandungan vitamin C di dalamnya. 

3. Pilih Produk Skincare yang Bertekstur Ringan

Tips berikutnya adalah pilih produk skincare yang bertekstur ringan seperti gel atau yang berbahan dasar air. Hal ini untuk mencegah kelenjar minyak pada wajah bekerja lebih aktif sehingga tidak menimbulkan jerawat. 

4. Gunakan Obat Jerawat

Agar jerawatmu cepat sembuh, sebaiknya gunakan juga obat jerawat. Kini, banyak produk obat oles untuk jerawat yang dijual di pasaran. Pilih obat yang memiliki bahan salicylic acid, tea tree, sulfur, dan benzoyl peroxide di dalamnya. 

5. Jangan Pencet Jerawat

Jangan sembarang memencet jerawat. Pasalnya, ketika kamu memencet jerawat, nanah dan kotoran dalam jerawat tidak hanya terdorong keluar, tapi juga berpotensi masuk makin dalam ke pori-pori di sekitarnya. 

Bukannya hilang, jerawat malah makin meradang, bahkan bisa menimbulkan bekas alias bopeng. Jadi, hindari memencet jerawat ya ladies. 

6. Hindari Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemis tinggi adalah makanan yang dapat memengaruhi kadar gula darah secara cepat, seperti nasi putih, mie instan dan makanan-makanan manis. 

Makanan jenis ini berpotensi memperbesar kelenjar minyak dan merangsang peradangan pada kulit sehingga membuat kondisi jerawat makin memburuk. 

7. Hindari Penggunaan Kosmetik Comedogenic

Agar kondisi jerawatmu tidak makin memburuk, kamu disarankan untuk menghindari kosmetik comedogenic. Pasalnya kosmetik jenis ini dapat membuat pori-pori wajahmu jadi tersumbat. 

Selain itu, hindari juga menggunakan produk sunscreen yang mengandung PABA, avobenzon, dan dioxybenzone. Bahan-bahan ini juga dapat menyumbat pori-pori sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. 

8. Jauhi Kebiasaan Bergadang

Jika tidak mau masalah jerawat jadi makin runyam, sebaiknya hindari kebiasaan bergadang. Pasalnya, bergadang atau kurang tidur dapat merangsang produksi hormon kortisol yang dapat memperparah kondisi jerawat. 

Oleh karena itu, usahakan kamu selalu tidur malam dan memperoleh waktu istirahat yang cukup. 

 9. Perbanyak Konsumsi Air Putih, Sayuran dan Buah-buahan

Gak cuma perawatan dari luar saja, kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam, yakni dengan rajin mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Perbanyaklah minum air putih, minimal 7 gelas per hari, dan makan buah serta sayur-sayuran. 

Hal ini dapat membuat kulitmu ternutrisi dan membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Itulah beberapa tips untuk merawat kulit yang berjerawat. 

Semoga bermanfaat ya ladies. (*)


Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul "Tips Merawat Wajah Berjerawat Biar Gak Ninggalin Bekas!" https://beautynesia.id/49965/article/skincare/tips-merawat-wajah-berjerawat-biar-gak-ninggalin-bekas

Cara Merawat Wajah Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya || Acne Story


Artikel Terkait