Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan tiga pasien positif terinfeksi virus corona (covid-19) telah sembuh atau negatif. Artinya pasien positif corona yang sembuh ini bertambah setelah sebelumnya dua pasien lebih dulu dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan.

Tiga Pasien Positif Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh oleh Menteri Kesehatan

ANALITIK.ID - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan tiga pasien positif terinfeksi virus corona (covid-19) telah sembuh atau negatif. Artinya pasien positif corona yang sembuh ini bertambah setelah sebelumnya dua pasien lebih dulu dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan.

Ketiga pasien ini sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

"Ada tiga yang kami nyatakan sembuh baik dari sisi laboratorium, baik dari sisi klinis," kata Terawan di RSUP Persahabatan, Jakarta, Kamis (12/3).

Juru bicara pemerintah khusus penanganan corona Achmad Yurianto menambahkan tiga pasien yang dinyatakan sembuh ini adalah pasien kasus 6 berjenis kelamin laki-laki (39), kasus 14 laki-laki (50), dan kasus 19 laki-laki (49).

Dia menyebut, untuk pasien kasus 6 dan kasus 14 sudah dinyatakan sembuh sejak kemarin setelah dalam dua kali pemeriksaan terakhir hasilnya negatif corona.

Yuri mengatakan sudah tak ada keluhan dari ketiga pasien itu. Mereka juga akan mendapatkan pembekalan untuk melakukan isolasi diri secara mandiri.

"Kami memberikan edukasi kepada pasien ini, bahwa ketika kembali ke keluarganya mereka harus membatasi diri dulu dari aktivitas," ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Syahril memastikan dua pasien dikonfirmasi sembuh dari virus corona dan akan dipulangkan.

"Dari 8 pasien yang positif di sini, pasien positif nomor 3 alhamdulillah sudah negatif, pasien nomor 6 juga. Insya Allah besok mungkin pulang," kata Syahril, Rabu (11/3).

Syahril menegaskan penomoran pasien yang pulang tersebut tak sama dengan yang dipublikasi pemerintah pusat. Ia mengatakan pasien nomor 3 dan nomor 6 itu disesuaikan dengan nomor urut saat mereka masuk dalam perawatan RSPI. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Menkes: Tiga Pasien Positif Dinyatakan Sembuh", https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200312151631-20-482908/menkes-tiga-pasien-positif-dinyatakan-sembuh


Artikel Terkait