Bendera setengah tiang berkibar di gedung DPR, kompleks parlemen, Jakarta.

Peringati Terjadinya G30S/PKI, DPR Kibarkan Bendera Setengah Tiang

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang pengibaran bendera setengah tiang dalam rangka memperingati terjadinya peristiwa G30S/PKI.

Bendera setengah tiang berkibar di gedung DPR, kompleks parlemen, Jakarta. 

Pengibaran bendera setengah tiang itu dalam rangka peringatan peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Dikutip dari pantauan detikcom, Rabu (30/9/2020), bendera setengah tiang tampak berkibar di halaman utama gedung DPR, Senayan, Jakarta, atau tepatnya di depan Gedung Kura-Kura (KK). 

Bendera setengah tiang juga berkibar di tiang bendera yang terletak di depan gedung Kesetjenan DPR RI.

"Di Dewan Perwakilan Rakyat, kemudian di kantor-kantor instansi pemerintah memang sudah tradisi setiap tahun itu pada tanggal 30 September memperingati terjadinya G30S/PKI," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Dasco mengatakan peristiwa G30S/PKI menjadi peristiwa sejarah yang akan selalu diingat dan menjadi pembelajaran bagi generasi selanjutnya. 

Dasco juga menyinggung soal masih berlakunya Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Dan untuk mengingatkan juga bahwa Tap MPRS Nomor 25 masih berlaku dan kita tetap mewaspadai ancaman dan gangguan dalam bentuk apapun terhadap NKRI," ujar Dasco.

Dihubungi terpisah, Sekjen DPR Indra Iskandar menyebut pengibaran bendera setengah tiap selalu dilakukan setiap tanggal 30 September. 

Indra mengatakan anggota DPR juga diundang mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang akan digelar besok secara virtual.

"Dalam rangka (peringatan) 30 September, itu kan setiap tahun begitu. Upacara besok tersentral di Lubang Buaya. Anggota DPR diundang secara virtual oleh pihak Kemendikbud dan Istana. Upacaranya besok nasional semua dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden sama Kemendikbud," ungkap Indra. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Peringati 30 September, DPR Kibarkan Bendera Setengah Tiang", https://news.detik.com/berita/d-5193667/peringati-30-september-dpr-kibarkan-bendera-setengah-tiang


Artikel Terkait