Puting beliung menerjang Alun-alun II Jepara, Kamis (3/10/2019), bertepatan kegiatan pameran kreativitas bank sampah. Akibatnya, puluhan tenda porak-poranda tergulung angin.

Pameran Kreativitas Bank Sampah Porak-poranda Akibat Puting Beliung di Jepara

ANALITIK.ID, Jepara | Puting beliung menerjang Alun-alun II Jepara, Kamis (3/10/2019), bertepatan kegiatan pameran kreativitas bank sampah. Akibatnya, puluhan tenda porak-poranda tergulung angin.

Pameran bertajuk Sampah Organik Investasi Kemandirian Pangan itu, sedianya akan digelar dua hari sejak hari Kamis (3/10/2019). Namun karena kendala tenda yang porak poranda akhirnya terpaksa dihentikan.

Direktur Bank Sampah Induk Jepara, Anis Surachman, saat dihubungi Tribun Jateng mengatakan, dihentikannya pameran karena sebagian besar peserta pameran yang merupakan pengelola bank sampah di Jepara dan eks-Karesidenan Pati trauma dengan kejadian puting beliung.

"Ini pserta sudah beres-beres. Yah, berhenti saja. Soalnya pada trauma", ujar Anis

Dia mengatakan, ada dua kali terjangan brutal dari puting beliung yang menghantam tenda acara. Pertama terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat itu da sekitar10 tenda yang roboh akibatnya. Kemudian, puting beliung kembali menerjang sekitar pukul 12.00 WIB. Kali ini dengan intensitas yang lebih besar. Akibatnya, sekitar belasan tenda roboh.

"Pada angin puting beliung yang kedua itu sudah selesai acara pembukaannya, yang penting tidak ada korban jiwa. Kalau barang-barang yang dipamerkan ada yang rusak", kata dia

Dari keterangan salah satu peserta pameran, Anik Pujianingsih, puting beliung datang secara tiba-tiba dari arah utara. Saat kejadian kontan pengunjung maupun peserta pameran lari berhamburan menyelamatkan diri.

"Langsung spontan melarikan diri, menyelamatkan diri. Barang-barnag yang dipamerkan juga bnayk yang rusak karena tertimpa tenda", katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di jateng.tribunnews.com dengan judul "Puting Beliung Robohkan Tenda Pameran di Alun-alun Jepara, Acara pun Gagal Terlaksana"

https://jateng.tribunnews.com/2019/10/03/puting-beliung-robohkan-tenda-pameran-di-alun-alun-jepara-acara-pun-gagal-terlaksana?page=2

Puting Beliung Jepara


Artikel Terkait