Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengadakan sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1441 Hijriah melalui video conference pada 23 April mendatang.

Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan pada 23 April Lewat Video Conference

ANALITIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengadakan sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1441 Hijriah melalui video conference pada 23 April mendatang. 

Sidang isbat dengan memanfaatkan sambungan komunikasi jarak jauh tersebut dilakukan guna antisipasi penyebaran virus corona. 

"Isbat awal Ramadhan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi," terang Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag seperti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (5/4/2020). 

Meskipun sidang isbat dilakukan secara jarak jauh, namun sebagian peserta tetap diminta hadir di kantor. Di antaranya adalah perwakilan MUI, DPR dan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendya. Adapun untuk pejabat eselon I dan II yang diundang hanya dari Ditjen Bimas Islam. 

"Sidang dimulai sebelum Maghrib, diawali paparan posisi Hilal awal Ramadan 1441 H oleh Cecep Nurwendaya," kata Kamaruddin.

Diumumkan Menteri Agama Kamaruddin menegaskan sesuai jadwal, sidang akan ditutup usai Maghrib dan hasilnya akan diumumkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi. 

"Setelah Maghrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup. Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul melalui jumpa pers," katanya lagi. 

Saat ini, imbuhnya tengah dikaji agar video konferensi pers juga bisa dilakukan secara online dengan harapan media bisa memantau dari rumah atau kantor masing-masing. 

Diketahui, merebaknya virus corona membuat sejumlah kegiatan semacam koordinasi dilakukan dengan menggunakan video conference. 

Hal itu juga pernah dilakukan oleh Presiden Jokowi dengan sejumlah menteri pada Senin (16/3/2020).  Saat itu, agenda rapat adalah membahas percepatan ekonomi menghadapi tekanan virus corona. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan Digelar 23 April Lewat Video Conference", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/05/194351465/sidang-isbat-penetapan-awal-ramadhan-digelar-23-april-lewat-video?page=2.


Artikel Terkait