Dua orang pasien yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus corona ( Covid-19), dinyatakan sembuh.

Dinyatakan Sembuh, Dua Pasien Virus Corona Boleh Pulang

ANALITIK.ID - Dua orang pasien yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus corona ( Covid-19), dinyatakan sembuh. 

"Sudah sembuh," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus Corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020). Dua pasien itu, yakni pasien 06 dan pasien 14.

Tim medis pun memperbolehkan kedua pasien tersebut pulang ke rumah masing-masing. Yuri menambahkan bahwa tim medis sudah memeriksa spesimen kedua pasien sebanyak dua kali. Hasil dari tes di laboratorium itu pun menunjukkan keduanya negatif Covid-19. 

"Ini sudah dua kali diperiksa negatif," kata Yuri. Pasien 06 merupakan warga negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki berusia 36 tahun.

Dia dinyatakan positif Covid-19 seusai pulang dari Jepang. Pasien 06 adalah salah satu kru dari kapal pesiar Diamond Princess yang sempat tertahan di perairan Yokohama, Jepang.

Sementara, pasien 14 adalah warga negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki dan berusia 50 tahun. Ia digambarkan mengalami sakit ringan-sedang. Pasien 14 termasuk ke dalam kategori imported case atau diduga kuat tertular virus corona setelah pulang dari luar negeri.

Yuri menambahkan, kedua pasien itu sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit per Rabu ini. Namun, kedua pasien diimbau untuk melakukan isolasi diri (self isolated) di rumah selama 14 hari ke depan. 

"Meskipun sudah negatif masih kita harapkan mereka berhati-hati," ujar Yuri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pasien Virus Corona Dinyatakan Sembuh dan Boleh Pulang", https://nasional.kompas.com/read/2020/03/11/14235891/dua-pasien-virus-corona-dinyatakan-sembuh-dan-boleh-pulang?page=2.


Artikel Terkait