Wilayah transmisi lokal virus corona (covid-19) di Indonesia meluas ke tiga wilayah di Provinsi Bali, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Badung.

Covid-19 Meluas di Indonesia, 3 Wilayah di Bali Jadi Transmisi Lokal Baru Penyebaran Corona

ANALITIK.ID - Wilayah transmisi lokal virus corona (covid-19) di Indonesia meluas ke tiga wilayah di Provinsi Bali, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Badung.

Tiga wilayah ini sekaligus menambah jumlah wilayah transmisi lokal covid-19 di Indonesia dari sebelumnya 28 menjadi 31 wilayah. Transmisi lokal merujuk pada penularan covid-19 antara orang per orang yang terjadi di suatu wilayah.

Dikutip dari situs resmi pemerintah, covid19.kemkes.go.id, Jumat (10/4), wilayah dengan transmisi lokal adalah wilayah yang melaporkan kasus konfirmasi yang penularannya diketahui secara lokal di wilayahnya.

"Titik wilayah transmisi lokal kasus covid-19 didasarkan pada kode geografis pada tingkat kabupaten/kota, serta tidak mewakili alamat tertentu, bangunan, atau lokasi apa pun," seperti dikutip dalam situs tersebut, Jumat (10/4).

Sebelumnya, Kabupaten Buleleng telah menjadi wilayah transmisi lokal covid-19 di Bali. Dari data per 10 April 2020, jumlah pasien positif terinfeksi covid-19 di Bali sebanyak 75 kasus dengan dua di antaranya meninggal dunia dan 19 dinyatakan sembuh.

Sementara hingga hari ini, total ada 3.512 orang positif covid-19 di Indonesia. Sebanyak 306 di antaranya meninggal dunia dan 282 dinyatakan sembuh. Kasus positif covid-19 ini telah terdeteksi di 34 provinsi di Indonesia.

Saat ini wilayah transmisi lokal tersebar di 31 kabupaten/kota di 13 provinsi yakni.

1. DKI Jakarta

2. Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan)

3. Bali ( Kab. Buleleng, Kab. Jembrana, Kab. Badung, Kota Denpasar)

4. Jawa Barat (Kota Bandung, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kab. Bogor, Kota Bogor, dan Kab. Karawang)

5. Jawa Tengah (Kota Semarang, Kota Surakarta)

6. Jawa Timur (Kab. Kediri, Kab. Malang, Kab. Magetan, Kab. Sidoarjo dan Kota Surabaya)

7. Kalimantan Barat (Kota Pontianak)

8. Kalimantan Timur (Kota Balikpapan)

9. Kalimantan Selatan (Kota Banjarmasin)

10. Sulawesi Selatan (Kota Makassar, Kab. Maros, Kab. Gowa)

11. Sulawesi Tenggara (Kota Kendari)

12. Sulawesi Utara (Kota Manado)

13. Sumatera Selatan (Kota Prabumulih). (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "3 Wilayah di Bali Jadi Transmisi Lokal Baru Penyebaran Corona", 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200410165050-20-492444/3-wilayah-di-bali-jadi-transmisi-lokal-baru-penyebaran-corona


Artikel Terkait