Pemerintah mengumumkan adanya penambahan pasien yang sembuh dari Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jumat (20/3/2020).

Berita Terkini: Pasien Positif Corona yang Sembuh Bertambah Satu, Jadi 17 Orang

ANALITIK.ID - Pemerintah mengumumkan adanya penambahan pasien yang sembuh dari Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jumat (20/3/2020). 

"Jumlah pasien yang sembuh ada penambahan satu orang sehingga saat ini total ada 17 pasien yang sembuh," ujar Yuri. 

Selain pasien yang sembuh, Yuri juga mengungkapkan pasien yang meninggal dunia tercatat sebanyak 32 orang.

"Yang meninggal dunia ada penambahan tujuh orang sehingga total hingga saat ini 32 orang meninggal dunia, " lanjut dia. 

Sementara itu, kata Yuri, jumlah total kasus positif Covid-19 hingga Jumat mencapai 369 kasus. 

"Ada penambahan dari jumlah sebelumnya sehingga total kasus positif Covid-19 sebanyak 369," tutur Yuri. 

Hingga hari ini tercatat sudah 19 hari pemerintah melakukan update data penularan Covid-19 di Indonesia.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah sudah menyiapkan obat yang diyakini ampuh untuk menyembuhkan pasien Covid-19. 

"Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati Covid-19 ini sesuai resep dokter," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020).

Ada dua jenis obat yang disiapkan. Pertama, Avigan. Kedua, Klorofil. Obat Avigan telah didatangkan sebanyak 500.000 butir. Pemerintah juga tengah memesan 2 juta butir obat tersebut. Sementara, obat Klorofil, sudah disiapkan sebanyak 3 juta butir. 

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan," kata Presiden Jokowi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPDATE: Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah Satu, Jadi 17 Orang", https://nasional.kompas.com/read/2020/03/20/16032441/update-pasien-covid-19-yang-sembuh-bertambah-satu-jadi-17-orang?page=2.


Artikel Terkait