Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dinyatakan sebagai wilayah transmisi lokal baru penyebaran virus corona atau covid-19. Saat ini di Kalsel tercatat ada 8 pasien positif corona, empat diantaranya berada di Banjarmasin.

4 Pasien Positif Corona, Banjarmasin Jadi Wilayah Transmisi Lokal Baru Penyebaran Covid-19

ANALITIK.ID - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dinyatakan sebagai wilayah transmisi lokal baru penyebaran virus corona atau covid-19. Saat ini di Kalsel tercatat ada 8 pasien positif corona, empat diantaranya berada di Banjarmasin.

Dilansir dari situs resmi pemerintah penanganan covid-19, covid19.kemkes.go.id di peta penyebaran, Banjarmasin kini sudah ditandai warna merah yang berarti jadi transmisi lokal.

Dalam keterangan di situs tersebut, wilayah dengan transmisi lokal adalah wilayah yang melaporkan kasus konfirmasi yang penularannya diketahui secara lokal di wilayahnya.

"Titik wilayah transmisi lokal kasus COVID-19 didasarkan pada node geografis pada tingkat kabupaten/kota, serta tidak mewakili alamat tertentu, bangunan, atau lokasi apa pun," demikian keterangan dalam situs tersebut.

Banjarmasin jadi kota ke-21 yang jadi transmisi lokal. Kalsel juga jadi provinsi ke-9 dimana ada wilayahnya yang jadi transmisi lokal.

Sebelumnya wilayah transmisi lokal ini ada di delapan provinsi yakni lima provinsi di Pulau Jawa: DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur; dan tiga provinsi di luar jawa yakni: Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Daftar wilayah transmisi lokal covid-19:

DKI Jakarta

Banten: Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan

Jawa Barat: Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok, dan Kabupaten Karawang.

Jawa Tengah: Kota Surakarta

Jawa Timur: Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan dan Kota Surabaya, Kabupaten Kediri, Kabupaten Sidoarjo.

Sulawesi Selatan: Kota Makassar

Kalimantan Barat: Kota Pontianak

Kalimantan Timur: Balikpapan

Kalimantan Selatan: Banjarmasin

Kota Kediri sempat jadi wilayah transmisi lokal. Namun setelah diverifikasi kembali, sejak 30 Maret lalu, Kota Kediri tak lagi masuk.

Data hingga kemarin di Indonesia ada 1.528 orang positif corona. Sebanyak 136 di antaranya meninggal dunia dan 81 sembuh.

DKI Jakarta jadi wilayah dengan pasien positif paling banyak yakni 747 orang dan 83 di antaranya meninggal. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Banjarmasin Wilayah Transmisi Lokal Baru Penyebaran Covid-19", 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200401140837-20-489141/banjarmasin-wilayah-transmisi-lokal-baru-penyebaran-covid-19


Artikel Terkait