Tanggal 11 Oktober diresmikan sebagai International Day of The Girl Child atau Hari Anak Perempuan Sedunia.

Tanggal 11 Oktober, Perayaan Hari Anak Perempuan Sedunia

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang hari anak perempuan sedunia.

Tanggal 11 Oktober diresmikan sebagai International Day of The Girl Child atau Hari Anak Perempuan Sedunia. 

Dilansir dari un.org, Hari Anak Perempuan Sedunia diresmikan pada 19 Desember 2011 di United Nations General Assembly, dimaksudkan untuk lebih memperhatikan isu-isu tentang hak anak perempuan di seluruh dunia.

Hari Anak Perempuan Sedunia memfokuskan perhatian pada kebutuhan untuk menyelesaikan permasalahan anak perempuan dunia, mengedukasi tentang girl’s empowerment dan menjaga agar hak asasi mereka terpenuhi. 

Anak perempuan memiliki hak untuk mendapat perlindungan keamanan, pendidikan dan kesehatan, tidak hanya pada usia anak-anak dan remaja namun hingga dewasa nanti. 

Isu global yang berkaitan dengan anak perempuan dunia adalah perdagangan anak, kekerasan baik fisik maupun seksual, kekerasan secara online dan kesempatan pendidikan yang belum setara dengan anak laki-laki. 

Mengutip dari un.org, 1 dari 4 anak perempuan berumur 15-19 tahun antara mereka pengangguran dan/atau tidak mendapat kesempatan sekolah. 

Bandingkan dengan anak laki-laki lama range usia sama, perbandingannya lebih kecil yaitu 1 banding 10.

Seiring dengan berkembangnya dunia digital juga memunculkan tantangan yang saat ini sedang dihadapi dunia berkaitan dengan anak perempuan adalah kejahatan digital terhadap mereka. 

Baik itu perdagangan anak secara digital, kekerasan seksual dan bulliying secara online.

Data menyebutkan bahwa sejak pandemi covid-19, kasus kekerasan fisik dan seksual pada perempuan dan anak perempuan semakin tinggi, dengan perbandingan 1 dari 3 anak perempuan mengalaminya.

Tema perayaan Hari Anak Perempuan Sedunia tahun ini adalah “My Voice, Our Equal Future”, yang menitik beratkan pada kesetaraan kesempatan meraih masa depan bagi anak-anak perempuan.                         

Dengan dirayakannya Hari Anak Perempuan Sedunia ini diharapkan dunia akan lebih peduli terhadap anak-anak perempuan dari seluruh dunia. 

Agar mereka bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah. (*)

Artikel ini telah tayang di pikiran-rakyat.com dengan judul "Makna Hari Anak Perempuan Sedunia, Yang Dirayakan Hari Ini 11 Oktober 2020", https://klikseleb.pikiran-rakyat.com/others/pr-95821578/makna-hari-anak-perempuan-sedunia-yang-dirayakan-hari-ini-11-oktober-2020?page=2


Artikel Terkait