Seorang wanita berusia 97 tahun, Gina Dal Colleto Brazil dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Selamat dari Virus Mematikan, Pasien Tertua di Brasil Sembuh dari Covid-19

ANALITIK.ID - Seorang wanita berusia 97 tahun, Gina Dal Colleto Brazil dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2. 

Diketahui, ia merupakan pasien tertua Covid-19 di Brasil, negara Amerika Latin yang paling parah dilanda wabah corona. Ia dirawat di rumah sakit pada 1 April 2020 dengan gejala klinis terpapar virus corona. Hanya sedikit yang mengira dia akan selamat dari virus mematikan tersebut. Pemulihannya pun memunculkan secercah harapan di negara tersebut.

Melansir thejakartapost, pada Minggu (12/4/2020), Dal Colleto yang duduk di atas kursi roda didorong keluar dari rumah sakit Vila Noga Sar di Sao Paulo, Brasil. Menjadi satu-satunya orang yang selamat dari keluarga Italia yang terdiri dari 11 bersaudara, Dal Colleto tinggal seorang diri di Kota Pelabuhan Santos, Rede D'Or Sao Luiz. 

"Bahkan dengan hampir seabad kehidupan, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati berjalan, berbelanja dan memasak," tulis pernyataan pihak RS Vila Nova Star. 

Saat di rumah sakit, wanita enam cucu dan lima cicit ini menggunakan oksigen dan mendapatkan perawatan intensif.

Kasus virus corona di Brasil  

Hingga Minggu (12/4/2020), Kementerian Kesehatan Brasil mengumumkan sebanyak 1.223 orang telah meninggal akibat virus corona, bertambah 99 orang dari hari sebelumnya. Sejauh ini, tercatat sebanyak 22.318 kasus positif infeksi Covid-19 terjadi di Brasil.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro tak mengindahkan langkah-langkah physical distancing, yang telah diberlakukan oleh gubernur negara bagian bahkan pejabat kesehatannya sendiri. Ia ingin sektor perekonomian dimulai kembali, dengan alasan bahwa penghentian yang lama menimbulkan risiko lebih besar dibandingkan penyakit yang diakibatkan corona.

Namun, sikap tersebut telah membebaninya. Orang-orang Brasil yang dikarantina membenturkan panci dan wajan sebagai bentuk protes terhadap penanganan terhadap krisis. Bolsonaro menuturkan, ia berpikir bahwa virus corona dalam proses keluar dari Brasil. Sebagai gantinya, lanjut dia, akan muncul pengangguran lebih lanjut. 

"Tampaknya masalah virus mulai menghilang, tetapi pengangguran akan datang. Sulit. Kita harus memerangi dua hal ini," kata dia.

Virus corona global Melansir data worldometers, kasus virus corona secara global telah menembus angka lebih dari 1.8 juta. Virus SARS-CoV-2 telah menewaskan 114.294 orang dan 428.096 lainnya telah pulih. 

Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak, yaitu 560.433 orang. Kasus kematian di AS pun menduduki peringkat pertama dari seluruh negara yang melaporkan penemuan kasus, di mana korban berjumlah 22.115 orang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasien Tertua di Brasil, Wanita 97 Tahun Dinyatakan Sembuh dari Covid-19", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/13/183200165/pasien-tertua-di-brasil-wanita-97-tahun-dinyatakan-sembuh-dari-covid-19?page=2.


Artikel Terkait