Awal pekan ini Indonesia diberi kejutan dengan munculnya beberapa pulau baru di Nusa Tenggara Timur usai terjadinya siklon tropis Seroja.

Kisah Munculnya 10 Pulau Baru di Dunia

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang kisah munculnya 10 pulau baru di dunia.

Awal pekan ini Indonesia diberi kejutan dengan munculnya beberapa pulau baru di Nusa Tenggara Timur usai terjadinya siklon tropis Seroja.

Pemerintah setempat mengatakan kalau daratan berbatu itu banyak muncul di Kabupaten Rote Ndao.

Penampakan pulau baru memang tak asing bagi Indonesia. Seperti yang diketahui bersama, ada Pulau Anak Krakatau dan Danau Toba yang muncul setelah letusan gunung berapi.

Selain karena letusan gunung berapi, daratan baru juga bisa muncul akibat gempa bumi, tsunami, sampai melelehnya es abadi.

Indonesia juga bukan satu-satunya negara yang mengalami fenomena alam yang unik ini. Jepang dan Tonga bahkan punya lebih dari dua pulau baru akibat aktivitas perut Bumi.

Mengutip CNN Travel dan Trehugger, berikut kisah munculnya sepuluh pulau baru di dunia:

1. Hunga Tonga

Pada tanggal 19 Desember 2014, sebuah gunung berapi bawah laut bernama Hunga Tonga-Hunga Haʻapai mulai meletus di negara kepulauan Tonga di Pasifik Selatan untuk kedua kalinya dalam lima tahun.

Peristiwa tersebut dimulai dengan semburan uap putih yang keluar dari laut. Selama beberapa minggu berikutnya, intensitasnya meningkat dengan bulu abu mencapai 9.000 meter, diikuti oleh batu besar dan abu tebal yang muntah ratusan meter ke udara.

Pada 16 Januari 2015, sebuah pulau baru berbatu telah terbentuk, berukuran panjang lebih dari satu mil dan berdiri lebih dari 91 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pada akhir Januari, pulau baru ini telah menyebar untuk bergabung dengan pulau lain di dekatnya, dan kawah gunung berapi di tengahnya telah terisi air belerang berwarna biru turkis.

Dua bulan kemudian, pengunjung melaporkan bahwa air di pulau itu masih hangat saat disentuh dan burung sudah bersarang di atasnya.

2. Pulau Sholan dan Jadid

Setelah letusan gunung berapi bawah laut selama 25 hari yang eksplosif di Laut Merah pada tahun 2011, satu pulau kecil bernama Sholan muncul di Kepulauan Zubair, rantai kecil pulau vulkanik antara Afrika dan Semenanjung Arab yang masuk wilayah Yaman.

Menurut sebuah laporan di Scientific American, Laut Merah adalah sarang aktivitas seismik dan vulkanik yang dibentuk oleh retakan besar di kerak bumi, di mana dua lempeng tektonik terpisah hampir setengah inci dalam setahun.

Pada 2013, pulau lain bernama Jadid muncul di dekatnya setelah letusan 54 hari.

Kedua pulau tersebut telah menyusut karena erosi dari gelombang dan unsur-unsurnya.

3. Nishinoshima

Pada November 2013, letusan gunung berapi bawah air di dekat pulau Nishinoshima, yang terletak 620 mil di selatan Tokyo, Jepang, menciptakan pulau kecil di dekatnya, awalnya disebut Niijima.

Pada akhir tahun, pulau kecil itu telah meluas dan bergabung dengan Nishinoshima, yang dengan awalnya terbentuk oleh gunung berapi bawah laut yang sama pada tahun 1970-an.

Pulau yang tergabung terus tumbuh saat lava mengalir ke segala arah dalam lobus dan tabung yang memutar secara tak terduga.

Pada Maret 2014, pulau itu sudah tiga kali lipat dari ukuran sebelumnya dan masih meluas pada Oktober 2015.

4. Zalzala Koh

Gempa dahsyat berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) melanda provinsi Baluchistan di Pakistan pada 24 September 2013, menyebabkan ratusan orang tewas dan puluhan lainnya ribuan tunawisma.

Bencana alam itu juga melahirkan pulau bundar kecil di lepas pantai dekat kota pelabuhan Gwadar.

Menurut para peneliti, pulau itu adalah gunung lumpur, terbentuk dari emisi gas metana yang mendorong ke atas sebagian dasar laut yang berlumpur dan berbatu.

Disebut secara lokal sebagai Zalzala Koh (Gunung Gempa) atau Zalzala Jazeera (Pulau Gempa), daratan kecil itu diperkirakan akan menghilang dengan cepat setelah gas di bawah mendingin dan erosi dari gelombang laut.

5. Home Reef

Beberapa pulau dibangun untuk bertahan, sementara yang lain menghilang. Lalu ada jenis ketiga yang tampaknya datang dan pergi.

Home Reef, yang diciptakan oleh gunung berapi bawah laut di Tonga, adalah salah satu pulau fana.

Selama 150 tahun terakhir, Home Reef telah muncul dan hancur beberapa kali setelah letusan gunung berapi.

Letusan terakhir pada tahun 2006 tidak hanya menciptakan pulau sementara, tetapi juga mengirimkan bebatuan dasar laut ke Kepulauan Fiji dan akhirnya ke Australia. Pada 2008, Home Reef hilang lagi.

Sayangnya, letusan gunung berapi baru pada tahun 2015 tidak mengembalikan Home Reef.

6. Norderoogsand

Pada tahun 2003, para peneliti melihat gundukan pasir kecil tumbuh 16 mil di lepas pantai Jerman di Laut Utara.

Dalam 10 tahun, pulau itu muncul sebagai pulau seluas 34 hektare, sudah menjadi rumah bagi 50 spesies tumbuhan berbeda dan beberapa jenis burung, termasuk angsa abu-abu dan elang peregrine.

Pulau yang masih muda, Norderoogsand, tidak biasa karena sebagian besar gumuk pasir di perairan pesisir Laut Utara yang dangkal gagal bertahan dari badai musim dingin yang ganas.

Sebuah artikel di The Telegraph memperingatkan bahwa badai besar masih bisa menghapus Norderoogsand.

7. Tugtuligssup Sarqardlerssuua

Selama 60 tahun terakhir, Gletser Steenstrup di barat laut Greenland telah menyusut lebih dari enam mil, sebagian karena perubahan iklim.

Pencairan tersebut telah memunculkan beberapa pulau baru, yang terbaru pada tahun 2014, menurut American Geophysical Union.

Para peneliti percaya pulau itu - dinamai dari gunung yang disebut Tugtuligssup Sarqardlerssuua yang berada di atasnya - mungkin telah membantu menambatkan gletser di tempatnya.

Sekarang Steenstrup menyusut lebih cepat, menghasilkan lebih banyak pulau dan selanjutnya mengubah pantai Greenland.

8. Kavachi

Sebagai salah satu gunung berapi bawah laut paling aktif di Pasifik, Kavachi meletus setiap beberapa tahun.

Terletak di selatan Vangunu di Kepulauan Solomon, gunung berapi itu telah menciptakan pulau sementara setidaknya sembilan kali sejak 1939, letusan pertama yang tercatat.

Pulau terakhir yang diketahui terbentuk pada tahun 2002, tetapi terkikis oleh gelombang dalam waktu satu tahun.

Letusan pada tahun 2004, 2007 dan 2014 gagal menghasilkan pulau Kavachi baru, tetapi para peneliti baru-baru ini membuat penemuan yang benar-benar luar biasa.

Kamera bawah air menunjukkan hiu, ikan pari, dan makhluk laut tak terduga lainnya yang berkembang biak di perairan asam yang mendidih di dalam dan sekitar gunung berapi yang terendam.

9. Pulau Danau Pinto

Badai ekstrem yang dipicu oleh El Niño di California pada musim semi 2016 menyebabkan penampakan aneh di Danau Pinto. Sebut saja kelahiran pulau yang memisahkan diri.

Separuh hektare lahan basah yang ditutupi dengan pepohonan dan rerumputan patah dan mengambang di tepian di danau seluas 120 hektare itu, menurut sebuah laporan di Santa Cruz Sentinel.

Pejabat bahkan menjuluki fenomena tersebut sebagai "Pulau Roomba yang terapung" dan para ahli lingkungan berharap akarnya akan membantu menyerap nutrisi dari pupuk yang menyebabkan banyak ganggang beracun di danau itu berkembang biak.

Untuk saat ini pulau misterius itu tampaknya telah terjepit di tepi sungai dan mungkin tetap di sana atau akhirnya membusuk.

10. Gunung Laut Loihi

Kawasan ini belum terbentuk sebagai pulau. Tapi gunung berapi bawah laut aktif yang disebut Loihi ini bisa menjadi bagian daratan baru berikutnya di Hawaii dalam beberapa milenium.

Gunung Laut Loihi terletak di dekat Pulau Besar Hawaii dan menjulang sekitar 3.000 meter dari dasar laut (lebih tinggi dari Gunung St. Helens, Washington, Amerika Serikat, sebelum meletus pada tahun 1980).

Seperti semua pulau di Hawaii, Loihi adalah gunung berapi "titik panas", artinya gunung berapi ini terbentuk oleh area dengan panas tinggi di bawah kerak bumi, bukan di sepanjang batas lempeng tektonik seperti gunung berapi lainnya.

Sementara masih 3.000 meter di bawah permukaan laut, aktivitas vulkanik reguler dan aliran lava baru perlahan-lahan membangun ketinggian Loihi dengan kecepatan sekitar sepersepuluh meter per tahunnya. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "10 Pulau Baru yang Muncul di Bumi", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210415123431-269-630305/10-pulau-baru-yang-muncul-di-bumi/3


Artikel Terkait