Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) selenggarakan Kaltim Fest yang rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-15 Juli 2023 di Convention Hall Samarinda.

Pembukaan Kaltim Fest, Isran Noor: Tren Peningkatan Ekonomi Kaltim Mengarah Lebih Baik

ANALITIK.CO.ID - Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) selenggarakan Kaltim Fest yang rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-15 Juli 2023 di Convention Hall Samarinda.

Dalam event Kaltim Fest 2023, terdapat tiga panggung acara dengan menampilkan 84 acara mulai dari pameran, talkshow dan workshop nasional ekraf, fashion show tingkat lokal dan, pentas seni daerah dan modern, perlombaan, penampilan artis lokal dan, serta berbagai kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan bahwa dalam festival ini diikuti langsung oleh 10 Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim.

Ia juga mengaku peserta Kaltim Fest tahun ini merupakan yang paling ramai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Peserta Kaltim Fest tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya ada beberapa kegiatan seperti Fashion, Kekraf, serta UMKM. Tahun ini lebih ramai,” ujar Isran pada Jum'at (7/7/2023).

Isran Noor menilai Kaltim Fest ini juga sebagai bukti jika masyarakat di Kaltim telah pulih dalam perekonomiannya, meski selama dua tahun lamanya dilanda Covid-19.

“Ini menggambarkan bahwa kita mulai pulih usai dilanda covid-19 dan sekarang tren peningkatan ekonomi Kaltim mengarah lebih baik. Selalu positif setiap tahunnya hingga sejauh ini masih stabil,”ucapnya.

Orang nomor satu di benua etam ini mengungkapkan rasa bangga terhadap masyarakat Kaltim yang mampu bangkit secara perekonomian meski sebelumnya dihantam pandemi.

“Harapannya Kaltim seterusnya terus berkembang, Karena masyarakat juga perlu membantu pembangunan dan mensukseskan pembangunan IKN dan ini juga akan berpengaruh dalam peningkatan ekonomi kreatif di Kaltim,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi mengatakan bahwa event Kaltim Fest ini memberikan dampak yang baik kepada masyarakat.

"Acara kaltim fest ini keren dari banyak nya agenda dan insya allah ini bisa memberikan dampak yang luas kepada masyarakat khususnya Samarinda," Kata Rusmadi saat ditemui usai acara.

Ia berharap Pemerintah Provinsi terus melaksanakan event seperti ini terutama di Kota Samarinda.


"Kita berharap event seperti ini terus berlanjut dan ini menunjukan bukti bahwa Samarinda ini sebuah kota yang saya kira bisa sebagai tempat penyelenggara festival seperti ini," pungkasnya (*)


Artikel Terkait