Selain menghemat dana, backpacking juga berarti menghemat waktu. Jangan pernah terpikir membawa koper besar saat backpacking, karena hanya akan merepotkan diri sendiri dan tamu hostel lainnya.

9 Aturan dan Benda Wajib Mengemas Tas untuk Backpacking

ANALITIK.ID- Selain menghemat dana, backpacking juga berarti menghemat waktu. Jangan pernah terpikir membawa koper besar saat backpacking, karena hanya akan merepotkan diri sendiri dan tamu hostel lainnya.

Mengemas barang bawaan untuk backpacking menjadi hal yang sulit jika diri kita berasumsi bahwa seluruh barang harus dibawa agar backpacking terasa lebih nyaman.

Berikut sejumlah benda wajib yang bisa dikemas untuk backpacking:

1. Baju

Bawalah pakaian yang pasti dipakai, bukan yang kemungkinan dipakai.Terutama untuk backpacking, bawalah pakaian yang nyaman, bisa dikombinasikan, tidak perlu disetrika, dan mendukung suhu destinasi yang dituju; tropis atau salju.

Kalau berencana datang ke tempat yang sakral atau religius, sebaiknya bawa satu set pakaian dengan potongan sopan. Begitu juga jika berencana datang ke tempat yang resmi.

2. Tas perlengkapan mandi

Kamar mandi hostel biasanya tidak menyediakan banyak gantungan tembok.Bawalah tas perlengkapan mandi yang anti air, memiliki gantungan, dan memiliki kantung yang banyak.

Bawalah perlengkapan mandi dalam ukuran mini sehingga tak membuat tas penuh saat pulang backpacking.

3. Alas kaki

Sama seperti pakaian, bawalah alas kaki yang pasti dipakai, bukan yang kemungkinan dipakai. Satu sepatu dan satu sandal bisa dibawa saat backpacking. 

Pilihlah sepatu dan sandal yang empuk dan tak membuat kaki lecet saat berjalan jauh.

4. Perlengkapan makan

Bawa sendok, garpu, sedotan stainless-steel, dan botol minum untuk memudahkan urusan makan dan minum selama backpacking.

Saat ini ada sendok dan garpu yang bisa jadi satu atau disebut spork (spoon and fork). Botol minum juga dijual dalam beragam bentuk, bahkan ada yang bisa dilipat.

5. Lampu kepala

Jika punya kebiasaan membaca buku sebelum tidur, sebaiknya bawa lampu kepala untuk menjadi penerangan saat berada di kasur dalam kamar hostel agar tak mengganggu tamu lain.

6. Soket listrik, powerbank, dan soket universal

Selalu bawa ketiga benda di atas untuk berjaga-jaga jika hostel tidak menyediakannya. Kalau sedang tidak digunakan, kita juga bisa menawari orang untuk menggunakannya, hitung-hitung menambah teman.

7. Tas tambahan

Bawalah tas tambahan dalam bentuk ransel atau tote bag yang mungkin bisa digunakan untuk menampung pakaian basah atau oleh-oleh saat pulang backpacking.

8. Jangan bawa benda berharga

Rasanya tak perlu mengenakan banyak perhiasan saat backpacking, begitu juga dengan membawa banyak alat elektronik yang mahal karena bisa saja berpotensi kehilangan.

9. Dana tambahan

Selain rumah sakit, kantor polisi (dan kedutaan besar negara saat ke luar negeri), cari juga informasi keberadaan apotek, toko baju, laundry, dan minimarket yang ada di destinasi backpacking.

Informasi ini bakal berguna saat keadaan mendadak, seperti membeli baju baru, obat-obatan, atau hendak mencuci seluruh baju kotor saat pulang backpacking.

Oleh karena itu siapkan dana tambahan yang bisa digunakan untuk menebus biaya-biaya remeh tersebut. (*)


Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul "9 Aturan Mengemas Tas Untuk Backpacking" https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200203185805-269-471251/9-aturan-mengemas-tas-untuk-backpacking

[TIPS & TRICK] Mengemas Ransel untuk Pendakian | Packing a Backpack for Hiking


Artikel Terkait