Game ini memang sedang populer di Jepang.

Perusahaan Jepang Pakai Game untuk Rekrut Karyawan Baru

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang perusahaan jepang gunakan game untuk rekut karyawan baru.

Bukan Jepang namanya jika tidak maju secara teknologi. Di tengah keterbatasan orang saling bertemu saat pandemi Covid-19 dan perusahaan lain menggunaan zoom, google meet, hingga hangout untuk tetap terhubung.

Namun sebuah perusahaan Jepang, Arch, memanfaatkan game Animal Crossing: New Horizons agar bisa saling berhubungan dengan rekan kerja. Bahkan mereka menggunakan game ini untuk merekrut karyawan baru.

Game ini memang sedang populer di Jepang. Sebelum perekrutan, perusahaan mengadakan seminar perusahaan yang tak lain pameran lowongan pekerjaan. Biasanya pameran ini diadakan langsung dengan ribuan peserta yang mengikuti.

Dilansir The Gamer, hehadiran game ini ternyata membuat seminar perusahaan Arch menjadi lebih menarik, karena berhasil menciptakan dunia virtual baru dalam game New Horzons.

Dalam game perekrutan dan seminar diadakan di sebuah pulau yang dirancang khusus mewakili perusahaan Arch dalam game. Bahkan yang membuat nampak acara begitu nyata, logo perusahaan juga dibuat khusus dalam game.

Logo terlihat di bandara memberikan petunjuk jalan kepada para peserta untuk bisa masuk ke pulau, lengkap dengan petunjuk jalan berbagai ruang dan berbagai acara dimana peserta bisa mengikutinya.

Perusahaan Jepang, ARCH, gunakan game Animal Crossing New Horrizons untuk rekrut karyawan dan rapat. (Dok. ARCH/TheGamer)Perusahaan Jepang, ARCH, gunakan game Animal Crossing New Horrizons untuk rekrut karyawan dan rapat. (Dok. ARCH/TheGamer)

Tidak hanya itu, auditorium untuk karyawan berpidato juga tersedia, lengkap dengan bar yang menyediakan deretan makan dan minuman untuk para tamu menikmati jamuan.

Lewat inovasi ini, acara perekrutan dan seminar berjalan dengan lancar dan sukses. Bahkan Arch menerima banyak pengunjung ke pulau khusus buatan mereka. Beberapa peserta juga pulang dari pulau dengan memboyong barang dalam games sebagai souvenir seminar.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya perusahaan Jepang itu mengandalkan game Animal Crossing agar tetap berhubungan secara virtual antar karyawan.

Pada Maret lalu, perusahan itu juga menggunakan permainan untuk melakukan pertemuan bisnis. Meskipun pertemuan itu dilakukan semi eskperimental, diakui banyak karyawan yang tergoda untuk bermain dalam game daripada bekerja. (*)


Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul "Perusahaan Jepang Gunakan Game untuk Rekrut Karyawan, Bagaimana Caranya?", 

https://www.suara.com/lifestyle/2020/07/20/175622/perusahaan-jepang-gunakan-game-untuk-rekrut-karyawan-bagaimana-caranya


Artikel Terkait