Para penjual mencoba mengambil keuntungan dari musim durian yang saat ini sedang berlangsung di sejumlah wilayah Malaysia.

Nakal, Pedagang Durian Ini Patok Harga dengan Melihat Mobil Pembeli

ANALITIK.CO.ID - berita yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang penjual durian patok harga dengan melihat mobil pembeli.

Pedagang buah durian di Malaysia kedapatan berbuat nakal dengan mematok harga sesuai dengan mobil yang dibawa oleh para pembeli.

Menyadur World Of Buzz, Senin (6/7/2020), Departemen Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen (KPDNHEP) Pahang Ahmad Fitri Ali menjelaskan bahwa ada insiden di mana penjual durian mematok harga berdasarkan mobil yang digunakan pembeli.

Para penjual mencoba mengambil keuntungan dari musim durian yang saat ini sedang berlangsung di sejumlah wilayah Malaysia.

Menurut Harian Metro, penjual durian yang tidak memasang label harga pada durian mereka cenderung mengandalkan jenis kendaraan pelanggan sebagai tolak ukur untuk menetapkan harga.

Jadi jika ada pembeli yang mengendarai mobil mewah, harga durian bisa naik dua hingga tiga kali lipat.

"Untuk memastikan bahwa penjual serakah tidak mengambil keuntungan dari konsumen, KPDNHEP akan mencari semua penjual durian di Kuantan, Jerantut, Bentong, Lipis, Raub dan Temerloh," jelas KPDNHEP dikutip dari World Of Buzz.

"Kami akan mengeluarkan denda sekitar 1000 ringgit (sekitar Rp 3,3 juta), sesuai dengan pasal 3 (1) Price Control Act 1993, jika mereka tidak memberikan label harga untuk barang-barang mereka." tambahnya.

Pemantauan lebih lanjut juga akan dilakukan untuk memastikan bahwa timbangan yang digunakan oleh penjual dapat tidak rusak.

Sejauh ini satu penjual telah dihukum karena tidak menunjukkan harga barang, sementara tiga penjual lainnya dihukum karena menggunakan timbangan rusak. (*)


Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul "Pedagang Durian di Malaysia Patok Harga dari Mobil yang Dipakai Pembeli"


Artikel Terkait