Destinasi unik Ladaya yang terletak di Jalan H. Bachrin Seman, RT 12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami penurunan signifikan pengunjung pada Natal 2023 ini.

Dibanding Tahun Sebelumnya, Ladaya Tenggarong Disebut Alami Penurunan Pengunjung

ANALITIK.CO.ID - Destinasi unik Ladaya yang terletak di Jalan H. Bachrin Seman, RT 12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami penurunan signifikan pengunjung pada Natal 2023 ini.

Pengelola Ladaya Cosis menyatakan perbedaan mencolok dibandingkan tahun sebelumnya.

Ladaya Tenggarong, atau lebih dikenal sebagai Ladaya, bukan sekadar tempat wisata biasa di Tenggarong.

Ladaya menawarkan pengalaman liburan yang unik dan berbeda.

"Saya merasa tahun ini lebih sepi dan tenang. Meskipun masih tetap menikmati momen Natal, tapi kesan ramainya tidak sekuat tahun-tahun sebelumnya," ujarnya, Senin (25/12/2023).

Ia mengatakan jumlah pengunjung yang berkurang karena disebabkan banyaknya tempat wisata yang ada.

Meskipun demikian, pengelola tetap optimis, melihat penurunan sebagai kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati Ladaya secara lebih santai dan intim.

Tempat ini dikenal dengan Rumah Odah Rehat, penginapan unik yang menawarkan kenyamanan menginap dengan sentuhan tradisional yang kental.

Ladaya juga menyajikan keindahan alam dan budaya dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong. Wisatawan anak-anak hanya membayar Rp10 ribu, sementara dewasa Rp15 ribu.

Ladang budaya ini menawarkan beragam wahana seru seperti flying fox, paintball, dan arena outbound dengan harga terjangkau.

Meskipun pandemi Covid-19 memengaruhi Ladaya, terutama Mini Zoo yang kini diserahkan ke BPKSDA Kaltim, pengelola berupaya menciptakan suasana alami yang mendukung kesejahteraan hewan. Arena outbound, seperti flying fox dan berjalan di atas papan, menarik perhatian penggemar aktivitas outdoor dari berbagai usia.

Pengelola Ladaya juga menonjolkan kepedulian terhadap anggaran pengunjung dengan menyediakan wahana gratis dan spot-spot foto kekinian secara gratis. Rumah Odah Rehat dapat disewa dengan harga terjangkau, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp350 ribu per malam.

Dengan berbagai daya tariknya, Ladaya Tenggarong tetap menjadi destinasi wisata menarik untuk keluarga, teman, atau perjalanan solo.

"Tak hanya memanjakan mata dengan keindahan alam, Ladaya juga menghadirkan keceriaan dan keseruan untuk setiap pengunjungnya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesona Ladaya Tenggarong yang memukau," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait