Penulis Andrea Hirata mengaku membutuhkan waktu selama kurang lebih dua tahun untuk melakukan riset pada karya terbarunya, Guru Aini.

Tulis Novel Guru Aini Hanya Dua Minggu, Andrea Hirata Butuh Riset Dua Tahun

ANALITIK.ID- Penulis Andrea Hirata mengaku membutuhkan waktu selama kurang lebih dua tahun untuk melakukan riset pada karya terbarunya, Guru Aini. 

Sedangkan untuk menuangkan kisah Guru Aini ke dalam sebuah tulisan, Andrea hanya membutuhkan waktu dua minggu. 

"Lama risetnya (hampir dua tahun), nulisnya itu dua mingguan lah," ungkap Andrea saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (2/2/2020).

Meski begitu, Andrea mengaku kesulitan menginterpretasikan kalkulus ke dalam bahasa novel. Namun, Andrea menemukan caranya bagaimana membahasakannya. Andrea mengaku dari semua novel yang telah dibuatnya, Guru Ainu merupakan novel tersulitnya.

"Jadi setelah menulis novel, ini memang tantangan paling sulit, novel yang paling sulit adalah Guru Aini," ungkap Andrea. 

Di sisi lain, Andrea pun sadar bahwa buku Guru Aini akan dibaca oleh guru-guru matematika. Maka dari itu, Andrea mengucapkan permintaan maaf bila ada salah penafsiran. 

"Saya kan hanya pernah belajar matematika, saya tidak pernah mengajar matematika. Saya minta maaf sebelumnya pada guru-guru matematika apabila ada sesuatu yang sebenernya enggak akurat," ucapnya. 

Andrea mengatakan Guru Aini berkisah tentang seorang guru bernama Desi yang mengajar matematika di daerah pelosok. 

Pria yang juga menulis buku "Laskar Pelangi" itu mengatakan, Desi memiliki obsesi dan idealisme yang besar untuk menemukan seorang murid yang genius dengan matematika. Namun, kata Andrea, matematika rupanya menjadi sumber stres bagi Desi. 

Apalagi, ditambah Desi bertemu dengan seorang murid benama Aini yang memiliki daya tangkap matematika yang rendah. Menariknya, lanjut Andrea, konflik yang diangkat adalah bagaimana Desi berusaha mengajarkan matematika kepada Aini. 

"(Di dalam buku) Bu Desi bilang 'matematika untuk anak yang pemberani. Kalau bicara matematika, banyak yang menyerah sebelum bertanding'," ungkapnya. (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tulis Novel Guru Aini, Andrea Hirata Butuh Riset Dua Tahun", https://www.kompas.com/hype/read/2020/02/02/154701866/tulis-novel-guru-aini-andrea-hirata-butuh-riset-dua-tahun.

[TRAILER NOVEL] Guru Aini - Andrea Hirata


Artikel Terkait