Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi. Terdapat beberapa faktor risiko yang disinyalir menjadi penyebab kanker ini.

Salah Satu Jenis yang Paling Sering Terjadi, Kenali Faktor Risiko Kanker Usus Besar

ANALITIK.ID-  Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi. Terdapat beberapa faktor risiko yang disinyalir menjadi penyebab kanker ini.

Kanker usus besar biasanya dimulai dari polip atau gumpalan kecil yang terbentuk di usus besar. Kanker ini berawal ketika sel-sel sehat dalam usus besar mengalami perubahan di DNA. 

Sel-sel itu membelah diri dan merusak organ.Dikutip dari Mayo Clinic, hingga saat ini dokter tidak mengetahui secara pasti penyebab kanker usus besar. 

Namun, beberapa faktor risiko diyakini meningkatkan kejadian kanker usus besar. Semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, semakin tinggi kemungkinan mengalami kanker usus besar.

Berikut faktor risiko kanker usus besar.

1. Usia di atas 50 tahun

Dikutip dari Healthline, kanker ini sebenarnya dapat terjadi pada segala usia. Namun, mayoritas terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

2. Riwayat penyakit

Orang yang pernah mengalami polip dan penyakit berkaitan usus besar lainnya, lebih mungkin terserang kanker usus besar di kemudian hari.

3. Inflamasi usus

Orang yang mengalami penyakit radang usus kronis seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn, berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar.

4. Gen dan riwayat keluarga

Beberapa mutasi gen yang diturunkan dari keluarga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Begitu juga jika terdapat keluarga yang mengalami kanker usus besar, maka kemungkinan terkena kanker usus besar juga tinggi.

5. Pola makan rendah serat, tinggi lemak

Usus besar merupakan organ di sistem pencernaan yang bertugas mengolah makanan sebelum membuangnya menjadi feses. Studi menunjukkan, pola makan yang rendah serat dan tinggi lemak dikaitkan dengan kanker usus besar. 

Peningkatan risiko usus besar terlihat pada orang yang kerap makan daging merah dan daging olahan.

6. Tidak berolahraga

Gaya hidup yang malas gerak atau tidak berolahraga juga meningkatkan risiko terkena kanker usus besar.

7. Diabetes

Orang yang memiliki penyakit diabetes atau resisten terhadap insulin juga memiliki risiko yang lebih besar mengalami kanker usus besar.

8. Gaya hidup tidak sehat

Orang yang menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti obesitas, merokok, dan mengkonsumsi alkohol juga meningkatkan risiko kanker usus besar. Untuk mencegah kanker usus besar, hindari faktor risiko yang dapat mengembangkan penyakit ini. (*)


Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Kenali Faktor Risiko Kanker Usus Besar" https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200131105539-255-470410/kenali-faktor-risiko-kanker-usus-besar

Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus


Artikel Terkait