Yoga menjadi salah satu olahraga pilihan di masa pandemi yang bisa membantu memberikan efek menenangkan. Namun, Anda juga perlu ingat akan kualitas matras yoga yang kian berkurang dari waktu ke waktu.

Miliki Batas Usia, Ini Ciri-ciri Matras Harus Segera Diganti

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang ciri-ciri matras harus segera diganti.

Yoga menjadi salah satu olahraga pilihan di masa pandemi yang bisa membantu memberikan efek menenangkan. Namun, Anda juga perlu ingat akan kualitas matras yoga yang kian berkurang dari waktu ke waktu.

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, melatih fokus, dan pernapasan demi meningkatkan kesehatan fisik dan psikis. Matras menjadi salah satu perkakas penting dalam yoga.

Pada dasarnya, usia pakai matras yoga sangat tergantung pada jenis matras, irama latihan, dan gaya atau gerakan individu yang menggunakannya.

Namun, secara umum, matras yoga akan mempertahankan kualitasnya selama satu tahun.

Gerakan yoga sendiri pada umumnya menekankan pada kekuatan tangan dan kaki. Hal itu membuat tangan dan kaki kerap menekan matras dengan kuat. Kondisi ini perlahan membuat kualitas matras berkurang.

Karena usia pakai matras yoga bisa bermacam-macam, Anda perlu memperhatian beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa Anda perlu segera mengganti matras.

Melansir Very Well Fit, berikut beberapa tanda matras yoga harus diganti.

1. Matras semakin tipis

Matras yang mulai menipis perlu diganti dengan yang baru. Penipisan umumnya terjadi pada area yang sering mendapatkan tekanan dari tangan dan kaki.

"Mengganti matras yang menipis akan meningkatkan keseimbangan Anda," ujar praktisi yoga, Molly Dig.

2. Matras mulai aus

Lapisan matras yang sudah mulai lepas juga menandakan bahwa matras perlu diganti. Hal yang sama juga berlaku untuk lubang kecing yang mulai muncul di permukaan matras, khususnya pada area yang sering mendapatkan tekanan dari tangan dan kaki.

3. Anda sering tergelincir

Matras berkualitas baik akan mencegah Anda untuk tergelincir. Matras yang baik juga membuat Anda tak perlu repot berpindah-pindah tempat atau memperbaiki posisi.

Jika tangan atau kaki mulai menggeser karena matras yang terlalu licin, maka saatnya Anda mengganti matras.

4. Mulai bau

Jika Anda sudah rutin menggosok dan merawat tapi matras tetap mengeluarkan bau tak sedap, maka pertanda Anda harus menggantinya. Kontak antara matras dengan kaki dan tangan yang berkeringat membuat matras perlahan akan menimbulkan bau tak sedap.

Tips Membuat Matras Yoga Tahan Lama

Pada dasarnya, semua produk matras dilengkapi dengan panduan atau petunjuk perawatan dan pembersihan. Pastikan untuk membacanya dan mengikuti panduan.

Namun, aturan praktis yang biasa dilakukan para praktisi yoga adalah selalu menyeka matras setelah digunakan. Hal ini perlu dilakukan apalagi bagi Anda yang kerap berlatih yoga di studio bersama beberapa orang lainnya.

Dilg memberikan beberapa tips agar matras yoga tahan lama, seperti berikut:

1. Pastikan tangan dan kaki dalam keadaan bersih saat berlatih yoga.

2. Seka matras dengan minyak esensial yang diencerkan dengan air segera setelah selesai berlatih yoga.

3. Jauhkan matras dari sinar matahari langsung. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "4 Tanda Matras Yoga Perlu Diganti", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210305144149-284-614205/4-tanda-matras-yoga-perlu-diganti


Artikel Terkait