Masa Prapaskah bagi umat Kristiani akan segera dimulai. Masa Prapaskah adalah masa pertobatan sebelum peristiwa Paskah atau wafatnya Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

Masa Prapaskah 2020 Akan Segera Dimulai, Inilah Jadwal Pantang dan Puasa Katolik

ANALITIK.ID- Masa Prapaskah bagi umat Kristiani akan segera dimulai. Masa Prapaskah adalah masa pertobatan sebelum peristiwa Paskah atau wafatnya Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

Masa Prapaskah akan dimulai pada Rabu Abu dan dilanjutkan dengan pantang dan puasa. Pantang wajib dilakukan oleh orang yang sudah berusia di atas 14 tahun. Sedangkan puasa wajib dilakukan pada orang Katolik yang sudah berusia 18 tahun sampai 60 tahun.

Puasa wajib dilakukan pada Rabu Abu dan Jumat Agung. Namun diperbolehkan jika ingin berpuasa selama 40 hari sampai Jumat Agung. Puasa berarti makan kenyang satu kali.

Sedangkan pantang wajib dilakukan pada Rabu Abu dan setiap hari Jumat selama masa Prapaskah sampai Jumat Agung. Pantang bisa dipilih sendiri sesuai kemampuan misalnya pantang daging, ikan, garam, jajan, atau rokok. Namun sebaiknya hal yang dipantang adalah hal-hal yang disukai.

Berikut jadwal Puasa dan Pantang Umat Katolik 2020.

1. 26 Februari 2020: Rabu Abu (puasa dan pantang)

2. 6 Maret (Jumat Masa PraPaskah) - Pantang.

3. 13 Maret (Jumat Masa PraPaska) - Pantang.

4. 20 Maret (Jumat Masa PrapPaskah) - Pantang.

5. 27 Maret (Jumat Masa PraPaskah) - Pantang.

6. 3 April (Jumat Masa PraPaskah) - Pantang.

7. 10 April (Jumat Agung) - Puasa.

8. 12 April : Paskah (*)


Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Jadwal Pantang dan Puasa Katolik Masa Prapaskah 2020" https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200221200640-284-476955/jadwal-pantang-dan-puasa-katolik-masa-prapaskah-2020

Puasa dan Pantang Orang Katolik


Artikel Terkait