Google merayakan hari lahir Dr. Marie Thomas, salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia lewat doodle yang muncul pada hari ini, Rabu (17/2/2021) di halaman awal pencarian.

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Perempuan Pertama, Ini Sosok Marie Thomas

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang Google Doodle rayakan hari lahir dokter perempuan pertama.

Google merayakan hari lahir Dr. Marie Thomas, salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia lewat doodle yang muncul pada hari ini, Rabu (17/2/2021) di halaman awal pencarian.

Lahir pada 1896 di Desa Likupang, Sulawesi Utara, Marie Thomas, mengukir sejarah sebagai spesialis perempuan pertama di bidang ginekologi dan kebidanan.

Itu mengapa doodle yang muncul memperlihatkan sosok perempuan dengan jas putih yang tengah membawa bayi yang baru lahir. Sebuah stetoskop mengalung di lehernya.

Marie Thomas sering berpindah-pindah selama masa kanak-kanak di Indonesia sebelum lulus dari sekolah Eropa yang berbasis di Manado.

Saat itulah Charlotte Jacobs, salah satu apoteker perempuan pertama di Belanda, mendukungnya dengan dana beasiswa untuk calon dokter perempuan Indonesia.

Pada 1912, Thomas diterima di STOVIA (School for Education of Native Doctors), yang sebelum pendaftarannya, adalah institusi khusus untuk lelaki.

Sepuluh tahun kemudian, Marie Thomas mendapatkan gelar doktornya, suatu pencapaian yang memiliki dampak internasional, bahkan sebuah surat kabar Belanda pun mengumumkan kelulusannya.

Setelahnya, Marie Thomas bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia (saat ini Jakarta). Marie Thomas kemudian pindah ke Padang.

Ia melanjutkan karirnya sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru, seperti IUD, kepada perempuan di seluruh nusantara.

Tak hanya itu, Marie Thomas juga terkenal atas kemurahan hatinya. Ia sering memperlakukan orang-orang yang tidak mampu membayar perawatannya dengan gratis.

Lebih jauh untuk menunjukkan kecintaannya pada perawatan pasien, Marie Thomas pun mendirikan sekolah kebidanan di Sumatra yang pertama.

Marie Thomas meninggal di Bukittinggi, Sumatra Barat, pada 10 Oktober 1966 dalam usia 70 tahun.

Dalam laman resmi Google doodle, menariknya oret-oretan ini tidak hanya muncul di halaman pencarian Google Indonesia, namun juga di Swedia.

Seperti yang diketahui, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Marie Thomas hanya dengan mengeklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian. (*)

Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul "Google Doodle Rayakan Hari Lahir Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama", https://www.suara.com/tekno/2021/02/17/063000/google-doodle-rayakan-hari-lahir-marie-thomas-dokter-perempuan-pertama?page=all


Artikel Terkait