Pemerintah merilis sejumlah aturan yang melarang ojek online untuk membawa penumpang, tetapi hanya diperbolehkan mengangkut barang.

Dapatkan Cashback 50 Persen Beli BBM Pertamina Khusus Ojol, Ini Caranya

ANALITIK.ID - Pemerintah merilis sejumlah aturan yang melarang ojek online untuk membawa penumpang, tetapi hanya diperbolehkan mengangkut barang.  

Aturan tersebut salah satunya tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Corona. 

Adanya pembatasan akibat wabah virus corona pun memberikan dampak terhadap penghasilan pengemudi ojek online. 

Pertamina meluncurkan program khusus untuk para ojek online berupa cashback saldo LinkAja untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina melalui aplikasi MyPertamina. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya Pertamina untuk meringankan beban hidup para pengemudi ojek online, terutama pada masa wabah Covid-19. 

“Karena itu, sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan ojek online, Pertamina memberikan program khusus dalam pembelian BBM yang menggunakan aplikasi MyPertamina," ujar Nicke dalam keterangan resmi, Senin (13/4/2020) malam.

Program Berbagi #berkahdirumah ini memberikan cashback 50 persen dengan maksimal nilai Rp 15.000 per hari yang bisa didapatkan oleh 10.000 pengemudi ojek online setiap harinya. 

Dia mengatakan, diharapkan program yang berjalan tiga bulan ke depan ini juga bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojek online dalam menjalankan pekerjaannya. 

Total cashback saldo yang akan diberikan Pertamina untuk keseluruhan program ini sebesar Rp 13,5 miliar.

Cara dapat cashback 50 persen 

Untuk mengikuti program ini, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan oleh pengemudi ojek online, yaitu:

1. Pengemudi ojek online harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja.  

2. Pengemudi dapat melakukan pembelian BBM non-subsidi (Pertalite dan Pertamax Series) dengan pembayaran non-tunai LinkAja yang ada di aplikasi MyPertamina. 

3. Pengemudi dapat melakukan screenshoot user profil mitra ojek online dan mengunggah ke MyPertamina (pilih banner Ojek Online, lalu pilih Info Lebih Lanjut dan Upload). 

4. Unggah screenshoot bukti pembayaran BBM dengan LinkAja dan masukkan reference number.

Program ini hanya berlaku di SPBU yang telah menyediakan fitur transaksi non-tunai dengan LinkAja, yang daftarnya dapat dilihat di https:// mypertamina.id/spbu. 

Selain mendapatkan cashback, semua pengemudi ojek online yang melakukan tahap-tahap tersebut juga bisa mendapatkan kupon ganda untuk mengkuti Undian Berbagi Berkah MyPertamina 2020. 

Program ini berlaku pada periode 14 April–12 Juli 2020 untuk ojek online di seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau mengakses ke situs web www.mypertamina.id. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ojol Dapat Cashback 50 Persen Saat Beli BBM Pertamina? Simak Caranya di Sini", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/14/063200265/ojol-dapat-cashback-50-persen-saat-beli-bbm-pertamina-simak-caranya-di-sini?page=2.


Artikel Terkait