Anggota Aliansi Pemuda Surabaya Seno Bagaskoro mengajak seluruh anak muda agar berempati terhadap para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam memerangi wabah Covid-19.

Cara Mudah Anak Muda Berkontribusi Peduli Tenaga Medis Perangi Covid-19

ANALITIK.ID - Anggota Aliansi Pemuda Surabaya Seno Bagaskoro mengajak seluruh anak muda agar berempati terhadap para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam memerangi wabah Covid-19. 

Seno menuturkan, cara yang dapat dilakukan oleh para anak muda non-medis adalah dengan tetap berada di rumah. 

“Mari kita semua teman-teman muda Indonesia, kalau kita mau memenangkan perang ini, mari berempati dengan kawan-kawan yang berada di garis medis,” kata Seno melalui telekonferensi, Rabu (6/5/2020).

“Mereka yang mengorbankan banyak waktu, tenaga dan pikirannya untuk nusa dan bangsa, dengan kita mau menuruti imbauan pemerintah, kita stay at home, kita bisa memenangkan perang ini kalau kita sadar peran kita,” sambung dia. 

Menurutnya, para anak muda yang tidak memiliki latar belakang di bidang medis juga dapat berkontribusi melalui jaringan yang dibangun. Ia bersama kawan-kawannya menginisiasi sebuah platform yang dinamakan Indonesia Lawan Corona.

Melalui platform tersebut, mereka memproduksi konten kreatif terkait virus corona dan bekerja sama dengan influencer. Konten tersebut dapat berupa video hingga infografis. Mereka juga melakukan siaran langsung melalui media sosial. Selain itu, pihaknya rutin mengadakan rapat dengan para relawan dari berbagai daerah. 

“Kami juga adakan rapat rutin dengan relawan yang kami bentuk di berbagai daerah itu, kami kumpulkan, untuk kemudian saling bercerita tentang persoalan di daerah masing-masing dan bagaimana solusi mengatasinya,” ujarnya.

Melalui platform tersebut, ia juga berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah. Misalnya, dengan melaporkan terkait dugaan adanya kerumunan massa di Surabaya. Seno mengatakan, ia juga memanfaatkan jaringan atau aliansinya, terutama di Surabaya, untuk memberikan imbauan. Dalam rapat dengan anggota aliansi tersebut, ia sekaligus meminta mereka agar turut menyebarkan pesan-pesan pencegahan penyebaran virus corona. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anak Muda Diminta Berempati pada Tenaga Medis dengan Tetap Berada di Rumah", https://nasional.kompas.com/read/2020/05/06/14001111/anak-muda-diminta-berempati-pada-tenaga-medis-dengan-tetap-berada-di-rumah.


Artikel Terkait