Program Kartu Prakerja gelombang kedua rencananya dibuka hari ini, Senin (20/4/2020).

Cara Daftar Kartu Prakerja hingga Kisi-kisi Tesnya

ANALITIK.ID - Program Kartu Prakerja gelombang kedua rencananya dibuka hari ini, Senin (20/4/2020). 

Sebelumnya, pendaftaran gelombang pertama telah berlangsung pada 11-16 April 2020 lalu, dengan kuota sebanyak 164.000 peserta. 

Pemerintah menargetkan setidaknya terdapat 30 gelombang pelaksanaan pendaftaran Kartu Prakerja hingg akhir tahun 2020. 

Adapun pendaftaran program pemerintah berupa uang pelatihan dan intensif ini dapat dilakukan secara online melalui laman prakerja.go.id.

Cara pendaftaran 

Bagi yang belum mempunyai akun, dapat mendaftarkan diri di laman resmi prakerja.go.id. Program ini hanya ditujukan bagi WNI berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh studi formal. 

Pendaftaran akun menggunakan alamat e-mail aktif dan buat password. Setelah itu, pendaftar akan menerima kode verifikasi dan isi data yang tersedia dengan benar.

Tes 

Pendaftar tidak serta merta langsung diterima pada program ini, melainkan harus menjalani serangkaian tes motivasi dan kemampuan dasar. 

Tes bertujuan mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki pendaftar. Akan diujikan sebanyak 19 soal dengan waktu maksimal 25 menit. 

Tes berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi dan pemahaman bacaan non sastra. Soal numerik berupa penjumlahan, pengurangan, penjumlahan pecahan, soal logika. Selain itu, juga akan muncul pertanyaan seputar motivasi mengikuti tes.

Kuota pendaftar 

Setiap gelombang mempunyai kuota untuk area dan periode tertentu. Sehingga, bagi pendaftar yang belum mendapatkan kuota gelombang yang dipilih, dapat mengikuti seleksi periode gelombang selanjutnya. 

Di setiap gelombang yang dipilih, pendaftar akan mendapatkan notifikasi kelolosannya di dashboard akun masing-masing. Untuk diketahui, pendafar yang tidak lolos dan akan mengikuti seleksi berikutnya, tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal. 

Terkait dengan pembukaan Kartu Prakerja gelombang dua ini, pelaksanaan tes akan ditutup pada Kamis (23/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Cara mengerjakan tes

Perhatikan cara mengerjakan tes program di bawah ini: 

1. Anda harus menyelesaikan terlebih dahulu pendaftaran awal dengan mengunggah foto KTP, foto selfie dengan KTP dan verifikasi kode OTP yang dikirimkan. 

2. Setelah selesai melalui tahap pendaftaran, Anda akan dibawa masuk ke halaman dashboard peserta. 

3. Pada dashboard tersebut peserta akan dihadapakan pada halaman muka berisi informasi seputar tes. Jika sudah siap mengerjakan tes maka bisa klik “Mulai Tes Sekarang” 

4. Akan tersedia soal-soal yang akan tampil satu persatu. 

5. Pilihlah jawaban soal berdasarkan jawaban dirasa paling tepat. 

6. Kemudian klik tombol berikutnya untuk melanjutkan soal yang tersisa. 

7. Jika telah selesai mengerjakan dan waktu masih tersisa, Anda bisa klik tombol 'selesai' untuk mengakhiri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Dua Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Daftar hingga Kisi-kisi Tesnya", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/20/055000765/pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-dua-dibuka-hari-ini-berikut-cara?page=2.


Artikel Terkait