Seorang perempuan di Yogyakarta, Wetrie mengaku menerima subsidi kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meski sudah lulus kuliah dari sebuah perguruan tinggi negeri .

23,7 Juta Orang Terima Subsidi Kuota Internet Bulan September Ini

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang penerima subsidi kuota internet bulan September.

Seorang perempuan di Yogyakarta, Wetrie mengaku menerima subsidi kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meski sudah lulus kuliah dari sebuah perguruan tinggi negeri .

Witrie mengaku kaget ketika menerima kuota sebesar 50 gigabyte dari operator Telkomsel pagi ini, Rabu (30/9). 

Notifikasi tersebut ia dapat tepat waktu subuh atau sekitar pukul 4 pagi.

"Selamat Kuota Internet Pendidikan bantuan Kemendikbud berlaku 30 hari anda telah aktif," bunyi pesan singkat yang diterimanya.

Ia pun heran dengan bantuan subsidi tersebut. 

Witrie bercerita dirinya sudah tidak lagi berkuliah dan baru saja diwisuda pada 10 September lalu.

"Tanggal 10 September kemarin baru wisuda. Saya nggak pernah daftar apa-apa, soalnya saat pandemi saya sudah mulai persiapan ujian [kelulusan]," kata Wetrie dikutip dari CNNIndonesia.com.

Sementara di Kabupaten Pandeglang, Banten siswa di SMP Negeri 3 Pandeglang tidak bisa melakukan ujian secara daring karena belum semua menerima subsidi kuota Kemendikbud. 

Juga ada siswa yang tidak punya fasilitas gawai.

"Kebijakan di sekolah, PTS (Penilaian Tengah Semester) luring. Jadi anak-anak ambil soal di sekolah, nanti tiga hari kemudian dikembalikan lagi," kata Ridwan Syarif, guru di SMPN 3 Pandeglang, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan beberapa siswa masih ada yang belum menerima kuota. 

Koordinator Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru di Banten itu juga mendapat kabar ada sekolah yang belum mendapat kuota sama sekali, padahal sudah mengurus berkas-berkas yang diwajibkan.

Hal ini disayangkan, mengingat proses belajar di sekolah yang ia ajar mayoritas terkendala fasilitas. 

Banyak orang tua siswa yang terkendala ekonomi, sehingga tak mampu membeli kuota atau gawai.

"Untuk penugasan sehari-hari, keaktifan siswa itu 50 persen. Keinginan kepala sekolah itu lebih dari 50 persen, karena sebenarnya sekolah saya berada di kota," lanjutnya.

Penyaluran subsidi kuota terakhir dilakukan hari ini untuk bantuan bulan September. 

Terdapat 23,7 juta orang yang menerima subsidi kuota bulan ini. Sedangkan yang belum menerima, bisa mendaftarkan diri untuk menerima di bulan Oktober.

Jumlah total yang menerima kuota masih jauh jika dibanding keseluruhan jumlah siswa, guru, mahasiswa dosen. 

Mengutip Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, akumulasi jumlahnya mencapai 64 juta orang. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Sudah Lulus Kuliah, Warga Masih Terima Bantuan Kuota Internet", https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200930150418-20-552769/sudah-lulus-kuliah-warga-masih-terima-bantuan-kuota-internet


Artikel Terkait