Chief Scientist World Health Organization (WHO) Soumya swaminathan memuji vaksin Covid-19 China yang menunjukkan hasil positif dalam memerangi corona dalam uji klinis.

Tunjukkan Hasil Positif dalam Perangi Virus Corona, Vaksin Buatan China Dipuji WHO

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang vaksin Covid-19 buatan China dipuji WHO.

Chief Scientist World Health Organization (WHO) Soumya swaminathan memuji vaksin Covid-19 China yang menunjukkan hasil positif dalam memerangi corona dalam uji klinis. 

Lantas seperti apa perkembangan vaksin China ini?

Dalam pemaparannya, Soumya swaminathan mengatakan vaksin China dapat membantu tujuan membasmi Covid-19 di dunia dalam waktu dekat.

"WHO bekerja untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin Covid-19 secara global, percaya bahwa ini adalah cara tercepat untuk mengakhiri pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi global. Vaksin China dapat membantu mewujudkan tujuan itu dalam waktu dekat karena beberapa vaksin telah terbukti berhasil dalam uji klinis," kata Swaminathan, dilaporkan televisi China CGTN, dikutip Jumat (25/9/2020).

China sendiri memiliki empat kandidat vaksin yang dikembangkan tiga perusahaan. 

Yakni, Sinovac Biotech, CanSino Biological, Sinopharm dan Wuhan Institute of Biological Products serta Sinopharm dan Beijing Institute of Biological Products.

Menurut data WHO, keempat vaksin China yang dikembangkan ini sudah memasuki uji klinis fase tiga atau tahap akhir. 

Bila uji klinis yang melibatkan relawan dalam jumlah besar ini berhasil, maka perusahaan tinggal mengajukan permohonan izin edar kepada otoritas kesehatan di sejumlah negara.

Dikutip dari Washington Post, vaksin China tersebut sudah disuntikkan pada ribuan masyarakat. 

Penyuntikkan vaksin ini merupakan program penggunaan darurat yang izinnya diterbitkan pada 22 Juli lalu.

Beberapa warga China yang sudah disuntik vaksin dalam program ini adalah militer, para pegawai di daerah perbatasan, tenaga kesehatan dan karyawan pengembangan vaksin dan para diplomat China di negara lain.

Menurut Zheng Zhongwei, kepala program pengembangan vaksin virus corona China, pihak berwenang sedang mempertimbangkan untuk memperluas pemberian vaksin pada musim gugur ini kepada karyawan pasar makanan, sistem transportasi, dan industri jasa.

"Untuk mencegah penyebaran penyakit di musim gugur dan musim dingin, kami sedang mempertimbangkan perluasan program yang sedang. Tujuannya adalah untuk membangun penghalang kekebalan di antara kelompok-kelompok khusus dalam populasi," kata Zhongwei.

Peneliti utama dari China Centre for Disease Control and Prevention (CDC) Wu Guizhen memperkirakan vaksin China akan siap dipakai oleh publik pada November atau Desember 2020.

Menurutnya uji klinis sejumlah kandidat vaksin ini berjalan dengan lancar dan akan dilakukan persiapan untuk memproduksi vaksin secara massal.

"Saya ikut kelompok eksperimental ini dan sudah disuntik pada April lalu." Ujar Wu Guizhen. 

"Saya merasa baik-baik saja dalam beberapa bulan terakhir, tidak ada yang abnormal. Proses inokulasi tidak menyebabkan nyeri di tubuh." (*)

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul "Sampai Dipuji WHO, Ini Fakta-fakta Vaksin Covid-19 China", https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200925124957-37-189429/sampai-dipuji-who-ini-fakta-fakta-vaksin-covid-19-china


Artikel Terkait