Pada tanggal 31 Juli 2020, umat muslim akan merayakan hari raya kurban (Iduladha) 1441 Hijriah

Presiden Joko Widodo Sumbang Satu Ekor Sapi Jenis Limousin untuk Warga Kaltim

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Pada tanggal 31 Juli 2020, umat muslim akan merayakan hari raya kurban (Iduladha) 1441 Hijriah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali menyumbang hewan kurban.

Masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat satu ekor sapi kurban berjenis Limousin.

Sapi ini dibeli Jokowi berdasarkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim.

Dari sekian banyak peternak sapi yang ada di Kaltim, sapi Pak Subroto (50) menjadi pilihan presiden, dipilih langsung oleh pihak kepresidenan.

“Sebelumnya saya berharap ketika ada Pak Presiden Jokowi menyumbangkan satu sapi di setiap provinsi. Alhamdulillah tahun ini terpilih,” ucapnya kepada awak media, Rabu (29/7/2020) siang.

Berlokasi di Jalan Muang Ilir, Kelurahan Lempake, Samarinda Utara. Sapi seberat hampir satu ton itu,  sudah dirawat oleh Subroto selama 4 tahun. 

“Sapi ini jenisnya memang yang ukuran besar, jenisnya Simmental atau Limousin. Beratnya sementara ini sekitar 968 kilogram, hampir satu ton,” bebernya.

Subroto menyampaikan, usaha ternak sapi yang sudah ia geluti tersebut merupakan usaha turun temurun dari sang bapak yang merupakan warga  transmigrasi asal Magelang, Jawa Tengah tahun 1971.

“Ngikut bapak kesini program transmigrasi tahun 1971 asal Magelang. Dan memang dari dulu pekerjaan orang tua jadi petani dan peternak sapi. Dan diwariskan ke saya,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Subroto memiliki jenis sapi ternak dengan berbagai macam jenis. Mulai dari Limousin, Ongole, Madura, dan lain-lain.

"Sekarang jumlahnya dari semua ada 46 ekor sapi yang siap dijual," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait