Melalui program Peran Strategis Pemuda (PSP) Berderma, GP Nasdem Kalrim menggelar donor darah sedikitnya di 6 Kabupaten/Kota di Kaltim.

Peringati HUT ke 76 RI, GP Nasdem Kaltim Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun ini turut dirayakan Garda Pemuda (GP) Nasdem Kaltim.

Melalui program Peran Strategis Pemuda (PSP) Berderma, GP Nasdem Kaltim menggelar donor darah sedikitnya di 6 Kabupaten/Kota di Kaltim.

Giat kemanusiaan yang dilakukan GP Nasdem ini rutin digelar setiap tahunnya.

"Ini kegiatan rutin tahunan terlebih merayakan kemerdekaan bangsa kita, tentunya dengan berbagai cara. Tahun ini kami memilih donor darah," ujar Celni Pita Sari Ketua GP Nasdem Kaltim kepada Diksi.co.

Kegiatan kali ini digelar di Samarinda, Kutai Timur, Berau, Kutai Barat, Balikpapan, dan Paser bekerja sama dengan PMI setempat.

Selain donor darah biasa, kegiatan ini juga menerima donor plasma konvalesen.

"Keperluan darah disejumlah daerah ini cukup tinggi, itu alasan kami memilih 6 titik ini," lanjutnya.

Selain melibatkan kader dan simpatisan GP Nasdem, donor darah ini juga diikuti oleh kalangan maayatakat.

"Bukan hanya kader, pengurus, dan simpatisan, banyak juga dari kalangan masyatakat yang datang mendonorlan darahnya," tambahnya.

Donor darah digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di semua daerah.

"Ditengah pandemi ini kegiatan kita laksanakan sesuai dengan Prokes yang ketat. Jadi semuanya kita atur agar menghindari kerumunan," terang perempuan yang duduk sebagai Anggota DPRD Samarinda ini.

Celni berharap kegiatan ini dapat membantu meringankan kebutuhan darah di Kaltim terlebih ditengah wabah Covid-19 yang melanda.

"Semoga ini membantu ketersediaan darah dan plasma konvalesen di Kaltim sehingga masyarakat tidak kesulitan saat memerlukan bantuan darah," pungkas Celni Pita Sari. (*)


Artikel Terkait