Pemprov Kaltim melalui Dinas PUPR Kaltim, bakal melanjutkan penanganan jalan di Mahakam Ulu.

Kurangi Kecuraman dan Lebarkan Jalan Mahakam Ulu, PUPR Kaltim Alokasikan Rp100 Miliar

ANALITIK.CO.ID - Pemprov Kaltim melalui Dinas PUPR Kaltim, bakal melanjutkan penanganan jalan di Mahakam Ulu.

Secara total, PUPR Kaltim telah mengalokasikan Rp300 miliar untuk perbaikan dan pembangunan jalan di kabupaten termuda di Kaltim itu.

Untuk tahun 2023 ini, PUPR Kaltim mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk penanganan jalan akses Tering (Kubar) menuju Ujoh Bilang dan Long Pahangai (Mahulu).

"Tahun 2023 ini, kami mengalokasikan Rp100 miliar untuk jalan saja. Kita tidak bisa langsung tangani seluruhnya, ini kan 260an kilometer panjangnya," kata Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Dinas PUPR Kaltim.

Aji Firnanda, menjelaskan, dengan panjangnya ruas jalan yang ditangani dan terbatasnya anggaran, untuk itu PUPR fokus untuk mengurangi kecuraman dan pelebaran jalan di tahun ini.

"Dengan ruas sepanjang itu, dan anggaran terbatas, otomatis yang kita utamakan mengurangi kecuraman jalan, tanjakannya dilandaikan, terus jalan dilebarkan," jabarnya.

Sementara untuk penanganan jalan rusak di ruas akses Mahakam Ulu, pihaknya mengoptimalkan melakukan penimbunan jalan rusak dengan material timbunan pilihan.

"Masih mengoptimalkan material lokal, untuk timbunan pilihan," tegasnya.

"Pusat melaksanakan juga, jalan itu sudah dikerjakan bersama karena non status, sehingga kolaborasi APBD dan APBN," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait