Pada Kamis (14/11/2019) lalu, Komisi II bersama unsur pimpinan DPRD Kaltim bertandang ke Kementerian ESDM di Jakarta.

Kunjungi Kementerian ESDM Soal Kelangkaan BBM, Ini Penjelasan DPRD Kaltim

ANALITIK.ID, SAMARINDA –  Pada Kamis (14/11/2019) lalu, Komisi II bersama unsur pimpinan DPRD Kaltim bertandang ke Kementerian ESDM di Jakarta. 

Kunjungan dilakukan dilatari faktor adanya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di sejumlah Kabupaten/ Kota di Kaltim. 

Dalam kunjungan itu, Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Veridiana H Wang dan unsur pimpinan DPRD Kaltim Makmur HAPK, Muhammad Samsun, dan Sigit Wobowo, serta sejumah anggota komisi II seperti Sapto Setyo Pramono, Baharuddin Demmu, Safuad, Ismail ST, Sutomo Jabir, Siti Rizky Amalia, Bagus Susetyo ikut hadir. 

Saat dikoonfirmasi usai melakukan pertemuan dengan Kementrain ESDM, Anggota Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo mengatakan, kelangkaan Gas LPG khususnya yang berukurna 3 kilogram, bukan karena kurangnya kuota. Pasalnya, persentasi penyebaran gas elpiji hingga Oktober baru mencapai 65 persen.

“Artinya, masih ada sekitar 35 persen kuota gas elpiji belum tersalurkan hingga akhir tahun. Jadi, menurut kami kalangkaan bukan karena faktor kuota. Lebih kepada faktor lainnya,” ucapnya. 

Terjadinya kelangkaan gas LPG kata dia, kemungkinan disebabkan oleh penerima gas bersubsidi dan non subsidi yang belum optimal dan sulit untuk diidentifikasi. 

“Kelemahannya saat ini, memang mengatur pengunaan tabung yang subsidi dan tidak subsidi,” sebutnya.

Selain itu, distribusi yang belum tepat sasaran, dan jumlah penggunaan tabung tidak dibatasi menjadi persoalan tersendiri. Dampaknya, tidak sedikit terjadi pengoplosan dan penimbunan akibat disparitas harga antara LPG bersubsidi dengan LPG tidak bersubsidi.

“Untuk itu, perlu adanya pengaturan target penerima subsidi LPG 3 Kg, program Trade In LPG 3 kilogram ke LPG 5,5 kilogram, dan memperbanyak supply dan penyebaran LPG yang 5,5 kilogram,s serta sosialisasi pengendalian,” katanya. (advertorial)

Logo DPRD Kaltim

Logo DPRD Kaltim

Jahidin - Komisi I DPRD Kaltim Siap Fasilitasi Lahan IKN Bermasalah


Artikel Terkait