Beberapa waktu lalu, Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim lakukan rpaat bersama dengan pihak Komisi IV DPRD Kaltim.

KONI Kaltim Harap Dukungan Dewan untuk PON XX, Komisi IV Beri Respon

ANALITIK.ID, SAMARINDA – Beberapa waktu lalu, Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim lakukan rpaat bersama dengan pihak Komisi IV DPRD Kaltim. 

Rapat dilakukan terkait persiapan para atlet dalam agenda PON tahun 2020 mendatang. 

Dalam rapat tersebut, Zuhdi Yahya, Ketua KONI Kaltim sampaikan bahwa pihaknya harapkan adanya dukungan dari eksekutif dan legislatif di Benua Etam sehubungan dengan perhelatan event PON 2020 itu. 

Ia juga sampaikan bahwa total anggaran yang diajukan oleh KONI Kaltim pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim Tahun 2020 sebesar Rp 381 miliar dengan rincian diantaranya sentralisasi, pengadaan perlengkapan dan peralatan latihan, kontrak pelatih asing dan nasional.

 Selain itu, diperuntukkan untuk biaya kontingen, seragam kontingen, lumsum oficial kontingen hingga asuransi. Total jumlah tersebut belum termasuk bonus bagi atlet yang mendapatkan mendali baik emas, perak dan perunggu.

“Bonus merupakan hal yang penting sebagai perangsang dalam rangka mampu menaikkan kualitas atlet dan peringkat nasional. Pembinaan atlet lokal sudah maksimal, hanya memang tanpa stimulan termasuk kepastian bonus membuat banyak atlet bisa tergoda dengan tawaran daerah lain,” jelasnya.

Terkait hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’qub mengaku mendukung penuh apa yang menjadi kebutuhan KONI dalam rangka mensukseskan PON ke XX. 

Meskipun, ada sepuluh cabang olahraga yang tidak dipertandingkan.

“Pada prinsipnya komisi IV sepakat, tinggal bagaimana Pemprov Kaltim. Karena itu penting juga bagi KONI untuk meminta komitmen dukungan pada kepala daerah. Komisi IV akan menyampaikan ke Banggar agar didukung dari sisi anggaran,” ujar Rusman Ya’qub. 

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk bisa mendukung penuh keikutsertaan Kaltim dalam PON 2020 mendatang itu. (advertorial)

Logo DPRD Kaltim

Logo DPRD Kaltim

Jahidin - Komisi I DPRD Kaltim Siap Fasilitasi Lahan IKN Bermasalah


Artikel Terkait