Hujan yang melanda kota Samarinda sejak pagi hari membuat sebagian wilayah terendam banjir. Puluhan rumah warga juga terendam di berbagai titik banjir hingga mencapai paha orang dewasa.

Genangan Banjir Capai Paha Orang Dewasa, SDN 007 di Samarinda Ilir Terpaksa Diliburkan

ANALITIK.ID, SAMARINDA- Hujan yang melanda kota Samarinda sejak pagi hari membuat sebagian wilayah terendam banjir. Puluhan rumah warga juga terendam di berbagai titik banjir hingga mencapai paha orang dewasa.

Tak hanya rumah, salah satu sekolah di Kecamatan Samarinda Ilir, Sekolah Dasar Negeri 007 terpaksa diliburkan karena terdampak banjir, mengingat genangan air mencapai 80 cm.

"Awalnya proses belajar masih lancar, ketika hujan deras air mulai naik, kami hentikan pembelajaran. Para orang tua juga beberapa sudah menjemput satu persatu anaknya karena banjir hari ini sangat tinggi, kalau jemputan mereka (siswa) datang baru kami bolehkan untuk pulang," ujar Wakil Kepala Sekolah SDN 007, Abdul Rahim, Selasa (14/1/2020).

Banjir yang menggenangi SDN 007, selain hujan lebat dan luapan sungai, juga karena tersendatnya aliran parit yang kecil di jalan masuk sekolah, sehingga air yang meluap masuk ke dalam ruang kelas.

Setidaknya 6 dari 19 kelas yang ada di SDN 007 ikut terendam air setinggi meja belajar.

"Udah sering kejadian begini, cuma hari ini yang sangat dalam, ada 6 yang terendam parah, sampai meja ikut terendam, jadi kami liburkan," jelasnya

Kejadian ini dianggap sekolah suatu kewajaran dan dimaklumi orang tua/wali murid karena memang daerah tersebut terletak dekat dengan aliran sungai langganan banjir.

Dari pantauan lokasi, hingga pukul 12.00 Wita, banjir perlahan mulai surut. Para guru juga beberapa meninggalkan sekolah untuk mencari tempat yang lebih aman. Warga yang berada di sekitar sekolah juga ikut membantu evakuasi siswa menuju keluar dari sekolah. (*)


Artikel ini telah tayang di Diksi.co dengan judul "Genangan Air Mencapai 80 cm Akibat Banjir, SDN 007 di Samarinda Ilir Terpaksa Diliburkan" 

https://diksi.co/news/genangan-air-mencapai-80-cm-akibat-banjir-sdn-007-di-samarinda-ilir-terpaksa-diliburkan

Hari Pertama Sekolah, Banjir Masih Menggenangi Samarinda


Artikel Terkait