Sugeng dilantik Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi di Ruang Rapat II lantai 3 Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Rabu (27/7/2022).

Dilantik Sebagai Widyaiswara, Sugeng Chairuddin Resmi Tinggalkan Jabatan ASN di Pemkot Samarinda

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin resmi dilantik sebagai Pejabat Fungsional Widyaiswara Ahli Utama Lingkungan Pemprov Kaltim berdasarkan SK Presiden RI Joko Widodo Nomor 28/M tahun 2022 tentang Pemberhentian dari Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama.

Sugeng dilantik Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi di Ruang Rapat II lantai 3 Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Rabu (27/7/2022).

Hadi Mulyadi berharap setelah 30 tahun lebih mengabdikan diri sebagai Aparat Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemkot Samarinda, Sugeng Chairuddin mampu mentransformasikan pengalamannya di jabatan barunya.

Khususnya dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Selamat datang Pak Sugeng, selamat bergabung di Widyaiswara. Karena Widyaiswara bergerak di pengembangan sumber daya manusia, harapan kami bisa membantu Kaltim untuk mengupgrade kompetensi dan kualitas ASN yang ada di Kaltim," ungkap Wagub.

Sementara itu, Sugeng Chairuddin sendiri merasa bersyukur atas jabatan barunya ini.

Karena, ia merasa lebih muda dan lebih panjang dalam mengabdikan dirinya kepada Kaltim.

"Alhamdulillah, tambah muda. Harusnya 4 tahun lagi pensiun, sekarang ditambah 5 tahun, jadi 9 tahun. Tambah muda kan," ucapnya.

Untuk diketahui, secara tupoksi, Widyaiswara Ahli Utama memiliki tugas dan wewenang dalam mendidik, mengajar, dan/atau melatih PNS pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) pemerintah.

Sugeng sendiri akan berkantor di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Jalan HAMM Rifaddin.

Jabatan ini dirasa cocok, mengingat dirinya memiliki latar belakang profesi sebagai dosen.

Namun Sugeng mengaku, ada tantangan tersendiri untuk menjabat Widyaiswara ini.

"Tantangannya yang jelas harus mengupgrade ilmu, mengupdate informasi terus-menerus. Lebih rajin membaca dan berteman dengan media juga kan, supaya tahu isu-isu yang terkini. Biar bisa diolah dan disampaikan dalam mengajar. Sehingga nanti para siswa peserta diklat bisa lebih memperkaya ilmu dan mengaplikasikan. Ini yang paling berat," tuturnya.

Rekam jejak karir ASN Sugeng Chairuddin

Sugeng Chairuddin diketahui telah lama berkiprah menjadi ASN di lingkungan Pemkot Samarinda.

Sejak tahun 90-an, ia mulai merangkak dari staf kelurahan, sekretaris lurah, lurah.

Berlanjut menjadi sekretaris Camat, Camat, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Humas. Naik menjadi Kepala Dinas Kebersihan, Kepala Bapenda, Asisten hingga paling tertinggi Sekda.

“Yang jelas kekerabatan di kota itu sangat erat. Suasana itulah yang membuat saya merasa tersupport bagaimana melayani kota sebaik-baiknya. Alhamdulillah sampai sekarang sudah mencapai klimaks tertinggi jabatan Sekda. Di provinsi lah saya berkarir. Sisa pensiun saya 4 tahun lagi yang normal, karena menjadi widyaiswara menjadi 9 tahun. Tambah muda,” ucapnya kembali.

Jabatan Sekda Kota Samarinda sendiri telah dijabat Sugeng sejak Juli 2017 hingga 2022.

Sesuai arahan, Sugeng akan aktif menjabat sebagai Widyaiswara Ahli Utama pada 1 Agustus 2022 mengingat padatnya kegiatan Diklat di lingkungan Pemprov Kaltim. (*)


Artikel Terkait