Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kaltim, telah menyelesaikan tahapan seleksi administrasi bakal calon Anggota Bawaslu Kaltim.

Calon Bawaslu Kaltim, 64 Peserta Lolos Seleksi Administrasi, Tahapan Selanjutnya Tes CAT dan Psikologi

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kaltim, telah menyelesaikan tahapan seleksi administrasi bakal calon Anggota Bawaslu Kaltim.

Johans Kadir Putra, Ketua Timsel Bawaslu Kaltim, menjelaskan proses tahapan pendaftaran Bawaslu Kaltim, telah berjalan sejak 22 - 30 Juni 2022.

Hingga 30 Juni 2022, timsel menerima 82 pendaftar, yang terdiri dari 74 pendaftar yang mengirim berkas langsung ke sekretariat timsel, 6 pendaftar melalui jasa pengiriman, dan 2 pendaftar melalui email.

Dari 82 pendaftar, setelah adanya perbaikan berkas, ada ditemukan 16 pendaftar tidak memenuhi syarat, dan 64 pendaftar dinyatakan memenuhi syarat.

"Penetapan hasil seleksi administrasi dilakukan pada 13 Juli 2022. 64 memenuhi syarat, selanjutnya 16 pendaftar tidak memenuhi syarat. 2 pendaftar mengundurkan diri," kata Johans, Rabu (13/7/2022).

Selanjutnya, 64 peserta calon Anggota Bawaslu Kaltim, akan mengikuti tes CAT dan tes psikologi.

Johan mengungkap tes CAT akan digelar 18 Juli 2022, di UPT BKN Balikpapan.

Sedangkan tes psikologi bakal digelar pada 20 Juli 2022, oleh Mabes Polri.

"Untuk lokasi pelaksanaan tes psikologi, Bawaslu RI masih berkoordinasi dengan Mabes Polri," paparnya.

"Lokasi tes psikologi akan disampaikan selambat-lambatnya diinformasikan pada pelaksanaan tes CAT, berkaitan tempat pelaksanaannya di mana," sambungnya.

Johan menegaskan peserta calon Anggota Bawaslu Kaltim, yang disaring pada pelaksanaan tes CAT dan psikologi berjumlah 12 orang.

"Yang akan disaring dari tes CAT dan psikologi berjumlah 4 kali kebutuhan. Artinya yang akan lolos tes cat dan psikologi hanya 12 calon," tegasnya.

Ditetapkan oleh Bawaslu RI, pada pemilihan Anggota Bawaslu Kaltim, saat ini hanya akan memilih 3 komisioner, sesuai habisnya masa kerja 3 komisioner Bawaslu Kaltim.

Sementara 2 komisioner Bawaslu Kaltim, yang habis masa kerjanya pada 2023 mendatang, Timsel Bawaslu Kaltim, masih menunggu arahan Bawaslu pusat.

"Jumlah anggota Bawaslu Kaltim yang dipilih berjumlah 3 orang," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait