Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, telah menolak keberangkatan lebih dari 100 calon penumpang pesawat perjalanan khusus. Mereka ditolak karena tidak memenuhi syarat di dalam SE Gugus Tugas COVID-19 No. 04 tahun 2020.

Ratusan Calon Penumpang Gagal Berangkat, Ini Penjelasan Pihak Bandara Soekarno-Hatta

ANALITIK.CO.ID - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, telah menolak keberangkatan lebih dari 100 calon penumpang pesawat perjalanan khusus. Mereka ditolak karena tidak memenuhi syarat di dalam SE Gugus Tugas COVID-19 No. 04 tahun 2020.

"Sudah lebih dari 100 calon penumpang yang keberangkatannya ditolak. Sejak di Checkpoint I dilakukan pemeriksaan ketat," kata Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf dalam rilis resmi PT Angkasa Pura II, Rabu (20/5/2020).

Anas menyatakan sejauh ini masih sangat banyak calon penumpang yang enggan membawa dokumen perjalanan lengkap. Beberapa surat keterangan yang harus dilengkapi pun dinilai banyak yang tidak valid.

Selain itu, Anas mengatakan banyak juga penumpang pesawat yang melampirkan surat keterangan negatif Corona yang belum diperbaharui.

"Memang masih ada calon penumpang pesawat masih tidak membawa dokumen perjalanan lengkap. Surat-surat keterangan tidak valid, mulai dari surat tugas dan lainnya. Calon penumpang juga ada yang membawa surat keterangan rapid test atau PCR yang sudah kedaluwarsa," ungkap Anas.

Sementara itu, banyak juga masyarakat yang ditolak berangkat karena hanya langsung datang ke bandara tanpa memiliki tiket penerbangan. Bahkan sama sekali tidak membawa satu pun dokumen yang dipersyaratkan.

Dirut Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin pun mengimbau agar penumpang sudah menyiapkan dokumen dan syarat penting yang tercantum dalam Surat Edaran Gugus Tugas. Bahkan sebelum berangkat ke bandara.

"Penumpang diminta mempersiapkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan sebelum ke bandara," tegas Awaluddin.

Sementara itu, dari data AP II, sejak tanggal 15 - 18 Mei 2020, jumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta tercatat ada 625 penerbangan. Terdiri dari penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik, kargo, repatriasi WNI dan penerbangan khusus tidak berjadwal.

Rinciannya sebagai berikut:

15 Mei 2020: 173 penerbangan

16 Mei 2020: 161 penerbangan

17 Mei 2020: 161 penerbangan

18 Mei 2020: 130 penerbangan. (*)


Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul "Tak Penuhi Syarat, Ratusan Penumpang Ditolak Terbang di Bandara Soetta"


Artikel Terkait